KPK Sudah Periksa 49 Orang Termasuk Menteri Syahrul Yasin Limpo

Mentan Syahrul Yasin Limpo bisa dipanggil lagi

Jakarta, IDN Times - Penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian masih terus dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejauh ini KPK telah memeriksa 49 orang termasuk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Ya betul jadi saat ini untuk kebutuhan proses penyidikan kan sudah mengundang untuk permintaan keterangan itu 49 (orang) baik itu pejabat ASN di lingkungan Kementan termasuk Pak Menteri," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri, Selasa (4/7/2023).

1. Mentan Syahrul Yasin Limpo bisa dipanggil lagi

KPK Sudah Periksa 49 Orang Termasuk Menteri Syahrul Yasin LimpoMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Ali menyebut keterangan yang disampaikan 49 orang itu akan dianalisis. Namun, KPK tak menutup peluang memanggil kembali mereka yang sudah dimintai klarifikasi, termasuk Syahrul.

Kalau memang dibutuhkan kembali, ya siapapun dari 49 itu pasti akan kami undang kembali dalam konteks penyelidikan," ujarnya.

Baca Juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Ternyata Sudah 2 Kali Dipanggil KPK

2. Penyelidikan di Kementan mulai sejak Januari 2023

KPK Sudah Periksa 49 Orang Termasuk Menteri Syahrul Yasin LimpoJuru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, KPK mulai melakukan penyelidikan kasus di Kementerian Pertanian sejak Januari 2023. KPK menyebut telah memiliki keterangan yang bisa menjadi bukti.

"KPK juga sudah memiliki bahan keterangan sebagai calon barang bukti tentunya dalam proses-proses berikutnya," kata Ali Fikri.

3. Syahrul Yasin Limpo sempat dua kali dipanggil KPK

KPK Sudah Periksa 49 Orang Termasuk Menteri Syahrul Yasin LimpoMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Syahrul sempat memenuhi panggilan KPK pada Senin, 19 Juni 2023. Politikus Partai NasDem itu mengaku bukan pertama kalinya dimintai klarifikasi oleh KPK.

Ia sempat berhalangan hadir memenuhi panggilan KPK. Sebab, mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu tengah bernias ke sejumlah negara di Asia.

Baca Juga: KPK Selidiki Kasus yang Diduga Seret Mentan Syahrul Yasin Limpo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya