KPK Tangkap 9 Kepala Daerah dalam 6 Bulan, Ini Data Lengkapnya!

Ada 6 yang merupakan hasil OTT

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap 9 kepala daerah dalam periode Januari-Juni 2022. Enam di antaranya merupakan hasil operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK.

Berdasarkan catatan IDN Times, kepala daerah paling banyak ditangkap pada Januari 2022. Pada saat itu, KPK menangkap empat kepala daerah, dengan tiga di antaranya hasil OTT.

Berikut adalah data lengkapnya!

1. Januari 2022: Dari Rahmat Effendi hingga Eks Bupati Buru Selatan

KPK Tangkap 9 Kepala Daerah dalam 6 Bulan, Ini Data Lengkapnya!Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi keluar dari KPK dengan rompi oranye dan tangan diborgol pada Kamis (6/1/2022). (IDN Times/Aryodamar)

Kepala daerah pertama yang ditangkap KPK adalah Wali Kota nonaktif Bekasi Rahmat Effendi. Bang Pepen, sapaan akrabnya, kena OTT di rumahnya pada Rabu, 1 Januari 2022 atas dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan.

Sepekan kemudian, tepatnya pada Rabu, 12 Januari 2022, KPK melakukan OTT terhadap Bupati nonaktif Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud (AGM). Ia tertangkap di sebuah mal di kawasan Jakarta Selatan atas dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan.

Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana PA, jadi kepala daerah ketiga yang kena OTT KPK pada Januari 2022. Ia ditangkap terkait dugaan suap penerimaan hadiah atau janji.

Terakhir pada Januari 2022, KPK menangkap eks Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono. Ia ditangkap karena diduga menerima suap, gratifikasi, hingga melakukan tindak pidana pencucian uang.

Baca Juga: Jokowi Diminta Pecat Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Jika Tak Mau Mundur

2. Maret-April 2022: Eks Bupati Tabanan hingga Ade Yasin

KPK Tangkap 9 Kepala Daerah dalam 6 Bulan, Ini Data Lengkapnya!Bupati Bogor, Ade Yasin, usai tertangkap dalam OTT KPK (IDN Times/Aryo Damar)

KPK pada Maret 2022 tidak melakukan OTT. Namun, menahan dua tersangka atas dugaan korupsi.

Kepala daerah yang ditahan KPK adalah eks Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan mantan Gubernur Riau Annas Maamun. Eks Bupati Tabanan diitangkap terkait kasus dugaan korupsi DID, sementara Annas ditangkap lagi karena kasus suap DPRD.

Bupati nonaktif Bogor, Ade Yasin, menjadi kepala daerah pertama dan satu-satunya yang kena OTT KPK pada April 2022. Ia ditangkap terkait dugaan suap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat.

3. Mei-Juni 2022: Wali Kota Ambon dan eks Wali Kota Yogyakarta

KPK Tangkap 9 Kepala Daerah dalam 6 Bulan, Ini Data Lengkapnya!Mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti resmi ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap pengurusan izin pada Jumat (3/6/2022). (IDN Times/Aryodamar)

Wali Kota nonaktif Ambon, Richard Louhenapessy, ditangkap KPK  pada Mei 2022. Ia ditangkap terkait dugaan menerima suap izin 20 gerai Alfamidi pada 2020.

Sementara, eks Wali Kota Yogyakarta, haryadi Suyuti, ditangkap KPK pada Juni 2022. Ia ditangkap karena diduga merima suap untuk perizinan pembangunan Apartemen Royal Kedhaton.

Baca Juga: Kasus MotoGP, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Akan Jalani Sidang Etik

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya