KPK Turuti Perintah Jokowi soal Cari Buronan dan Kejar Aset Koruptor

Ada empat orang yang jadi buronan KPK, termasuk Harun Masiku

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal taat pada perintah Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam mencari buronan kasus korupsi dan mengejar asetnya. Perintah tersebut disampaikan Jokowi saat berpidato dalam Hari Antikorupsi Sedunia 2021.

"Kami pastikan KPK tetap melakukan pencarian para DPO KPK, baik yang ditetapkan sejak tahun 2017 maupun 2020," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, Jumat (10/12/2021).

1. KPK minta bantuan publik soal pencarian DPO

KPK Turuti Perintah Jokowi soal Cari Buronan dan Kejar Aset KoruptorPlt Jubir Bidang Penindakan KPK Ali Fikri (Dok. Humas KPK)

Selain itu, Ali berharap bantuan publik dalam mencari koruptor yang masih buron. KPK akan menghargai dan menampung setiap informasi yang diberikan publik terkait buronan yang dimaksud.

"Setiap informasi yang kami terima terkait keberadaan para DPO, kami pastikan ditindaklanjuti. Oleh karena itu, apabila masyarakat yang mengetahui keberadaan para DPO tersebut, silakan lapor aparat terdekat atau kepada KPK melalui informasi@kpk.go.id atau call center 198," jelas Ali.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan KPK Tangkap Buron Kasus Korupsi dan Kejar Asetnya!

2. Ada empat koruptor yang masih buron

KPK Turuti Perintah Jokowi soal Cari Buronan dan Kejar Aset Koruptor(Ilustrasi eks caleg PDI Perjuangan Harun Masiku) IDN Times/Arief Rahmat

Ali mengatakan, sejak 2017 hingga saat ini terdapat empat koruptor yang masih buron. Keempat koruptor yang masih diburu KPK adalah:

  1. Harun Masiku (2020).
  2. Surya Darmadi (2019).
  3. Izil Azhar (2018).
  4. Kirana Kotama (2017).

3. Jokowi minta KPK kejar buron dan aset koruptor

KPK Turuti Perintah Jokowi soal Cari Buronan dan Kejar Aset KoruptorPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua KPK Firli Bahuri tiba untuk menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (9/12/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Sebelumnya, Jokowi minta agar KPK mengejar buron dan aset koruptor baik di Indonesia maupun di luar negeri.  Hal itu ia sampaikan dalam peringatan Hakordia 2021 di gedung KPK, Jakarta.

"Buron-buron pelaku korupsi bisa dikejar, baik di dalam maupun luar negeri, aset yang disembunyikan oleh para mafia, mafia migas, mafia pelabuhan, mafia obat, mafia daging, mafia tanah bisa terus dikejar dan pelakunya bisa diadili,” ujar Jokowi dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, Kamis (9/12/2021).

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya