KRI Rigel Fokus Cari CVR dan Puing Pesawat JT 610 Hari Ini

Pencarian pesawat kali ini lebih sulit, kenapa?

Jakarta, IDN Times - Upaya tim gabungan dalam mencari puing-puing pesawat Lion Air JT 610 terus dilakukan. Enam hari pasca-kecelakaan, KRI Rigel masih terus digunakan untuk membantu pencarian.

1. KRI Rigel akan cari CVR Lion Air JT 610

KRI Rigel Fokus Cari CVR dan Puing Pesawat JT 610 Hari IniIDN Times/Gregorius Aryodamar

Kapushidrosal TNI AU, Laksamana Muda Harjo Susmoro mengungkapkan bahwa pengerahan KRI Rigel kali ini untuk mengoptimalkan pencarian puing-puing Lion Air JT 610 serta para korban yang belum ditemukan. Dia mengakui pencarian pesawat kali ini lebih sulit mengingat proses jatuhnya cepat.

"Saya optimalkan pencarian CVR. Kalau melihat di Flightrada jatuhnya kan mencapai 350 knot atau di atas 550 km/jam, air sudah tidak lunak dengan kecepatan segitu. Jadi kami lebih sering ketemu puing besar," ujarnya di atas KRI Sikuda, Minggu (4/11).

Baca Juga: Mengenal Sertu Hendra, Penemu Black Box Lion Air JT 610

2. Perluasan wilayah pencarian menunggu komando Basarnas

KRI Rigel Fokus Cari CVR dan Puing Pesawat JT 610 Hari Ini(Pencarian puing pesawat Lion Air JT 610) IDN Times/Gregorius Aryodamar

Harjo mengungkapkan bahwa KRI Rigel telah melakukan pencarian hingga radius 80 Km persegi. Namun, hingga kini pihaknya belum menemukan jasad manusia secara utuh.

Dia pun mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu komando dari Badan Sar Nasional (Basarnas) jika perlu perluasan wilayah pencarian lagi.

"Ini kan kerja tim, bukan sendirian. Kami akan menunggu kebijakan Basarnas," jelasnya.

3. Kemungkinan puing jatuh lebih jauh sangat kecil

KRI Rigel Fokus Cari CVR dan Puing Pesawat JT 610 Hari Ini(KRI Rigel cari puing pesawat Lion Air JT 610) IDN Times/Gregorius Aryodamar

Menurutnya kemungkinan CVR jatuh lebih jauh itu sangat kecil. Sebab, titik jatuh FDR telah ditemukan. Pihaknya pun tetap mengupayakan pencarian CVR secara maksimal.

"Titik FDR telah ditemukan. Jadi, gak mungkin bisa loncat lebih dari 1 Km. Secara teori CVR masih memancarkan signal sampai 30 hari ke depan. Kemungkinan terbenam karena kedalaman yang dangkal," ujarnya.

Baca Juga: Pencarian CVR Lion Air, Basarnas: Ada Suara Ping! Meski Agak Lemah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya