Comscore Tracker

Kuasa Hukum Rizieq Shihab Protes karena Media Dibatasi Meliput Sidang

Kuasa hukum Rizieq minta media diizinkan meliput

Jakarta, IDN Times - Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, megaku keberatan karena media yang hendak meliput sidang kliennya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dibatasi. Ia mengaku sudah menyampaikan protes resmi ke majelis hakim.

"Kita sudah sampaikan keberatan itu lewat mejelis hakim. Katanya itu urusan humas, silakan hubungi humas," kata Aziz usai persidangan, Jumat (26/3/2021).

1. Aziz protes karena menilai keterbukaan informasi dibatasi

Kuasa Hukum Rizieq Shihab Protes karena Media Dibatasi Meliput SidangKuasa hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyambangi Polda Metro Jaya (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Baca Juga: Seru Rizieq Shihab Usai Sidang: Lawan Kezaliman, Tegakkan Keadilan!

Aziz memprotes terbatasnya media karena hal itu menyangkut keterbukaan informasi. Padahal, hakim menyatakan sidang terbuka untuk umum.

IDN Times juga sempat tak bisa masuk ke dalam lingkungan PN Jakarta Timur. Namun, akhirnya diizinkan menjadi satu dari 20 media yang boleh masuk ke dalam, tetapi tetap tak bisa masuk ruang sidang.

Jurnalis yang masuk di PN Jakarta Timur pun hanya disediakan layar untuk menyaksikan persidangan yang sudah berjalan.

"Kita protes juga tindakan kepada pers seperti ini. Kepada majelis hakim minta supaya dibuka akses untuk media," jelas Aziz.

2. Polisi amankan beberapa warga

Kuasa Hukum Rizieq Shihab Protes karena Media Dibatasi Meliput SidangKerumunan Simpatisan Rizieq Shihab (IDN Times/Aryodamar)

Pembatasan juga berlaku bagi warga. Simpatisan Rizieq Shihab yang datang ke PN Jakarta Timur dibubarkan karena berkerumun.

Bahkan, beberapa orang ditangkap ketika terjadi aksi saling dorong antara polisi dengan simpatisan.

"Tadi mengamankan satu dua orang untuk edukasi dan mengingatkan agar tidak melakukan provokasi yang menimbulkan kerumunan. Mudah-mudahan ini dimengerti," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Erwin Kurniawan di lokasi.

3. Sidang ditunda hingga 30 Maret 2021

Kuasa Hukum Rizieq Shihab Protes karena Media Dibatasi Meliput SidangPengadilan Negeri Jakarta Timur (IDN Times/Aryodamar)

Rizieq hari ini menjalani sidang dengan agenda pembacaan eksepsi kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, dan Megamendung, Bogor. Selain itu, Rizieq juga membacakan eksepsi kasus pemalsuan hasil tes swab PCR COVID-19 di RS Ummi.

Sidang tersebut ditunda dan akan dilanjutkan kembali pada Selasa, 30 Maret 2021. Agenda sidang pekan depan adalah mendengar tanggapan jaksa penuntut umum atas eksepsi dari terdakwa.

Baca Juga: Polisi Amankan Simpatisan Rizieq Shihab di Depan PN Jakarta Timur

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya