Masker Kian Langka, Pemprov DKI: Bisa Buat Sendiri dari Bahan Kain

Pemerintah mewajibkan masyarakat pakai masker di luar rumah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pagi tadi mengimbau masyarakat baik yang sakit maupun sehat harus menggunakan masker ketika ke luar rumah. Menurutnya hal itu sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO).

Sejumlah warganet pun mengeluhkan karena saat ini masker sulit dicari di pasaran dan ada yang menganggap masker berbahan dasar kain lebih mahal ketimbang masker medis.

Ketua II Gugus Tugas Pemprov DKI Jakarta Catur Laswanto megatakan masyarakat tidak harus membeli masker berbahan dasar kain. Sebab, masker tersebut bisa dibuat sendiri dengan biaya murah.

"Sehingga dengan demikian kita semua bisa memakai masker dalam waktu secepatnya dengan masker-masker kain yang bisa dibuat masing-masing di rumah," jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/4).

Menurut Catur, masyarakat umum tidak harus menggunakan masker medis atau bedah terutama yang berjenis N95. Sebab masker itu digunakan oleh tim medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

"Jadi disarankan untuk masyarakat terutama di dalam rangka kelangkaan masker yang terjadi ini, gunakanlah masker kain," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi: Semua yang Keluar Rumah Harus Memakai Masker 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya