Menlu Retno: Jenazah Pak Sutopo Sudah Persiapan Akhir Menuju Tanah Air

Sutopo mengembuskan napas terakhir, Minggu, di Guangzhou

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengabarkan, saat ini jenazah Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho telah diberangkatkan dari Guangzhou, Tiongkok, ke Indonesia dengan pesawat Garuda GA-899.

"Jenazah almarhum Pak Sutopo sudah persiapan akhir berangkat menuju Tanah Air," ujar Retno, Minggu (7/7).

Ia mengatakan, tim Kementerian Luar Negeri dan BNPB terus berkoordinasi untuk mengurus jenazah Sutopo baik di bandara maupun rumah duka.

Sutopo mengembuskan napas terakhir, Minggu, pukul 02.20 waktu setempat (01.20 WIB) dalam perawatan di Guangzhou. Saat mengembuskan napas terakhirnya, Sutopo didampingi istri, Retno Utami Yulianingsih, keluarga terdekat, dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Sutopo didiagnosa menderita kanker paru stadium IVB. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

Sejak Sutopo divonis kanker akhir Desember 2017 lalu, ia masih terus gigih melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia, selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Baca Juga: Sutopo BNPB Berpulang, Ini Deretan Penghargaan yang Pernah Diterima

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya