Nasihat untuk Pemprov DKI Jakarta Soal Sorotan Media Asing

Kata politisi ini, sorotan media asing bisa berdampak buruk

Jakarta, IDN Times – Sejumlah media asing menyoroti keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait beberapa masalah. Mulai dari keputusan menutup Kali Item di kawasan Sunter dengan jaring hitam sebagai solusi atas bau tak sedap dan berwarna hitam hingga memasang kembali bendera negara peserta Asean Games dengan bambu yang sempat dicopot.

Menanggapi hal tersebut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ikut berkomentar dan memberi nasihat. Politisi PSI, Andi Anggana menilai, Pemprov DKI seharusnya merespons sorotan media asing itu dengan positif.

1. Perhatian media asing bisa berdampak buruk

Nasihat untuk Pemprov DKI Jakarta Soal Sorotan Media AsingIDN Times/Helmi Shemi

Pemberitaan media asing mengenai dua hal tersebut bisa berdampak buruk bagi citra tuan rumah Asian Games 2018, terutama Jakarta karena dunia khususnya Asia jadi mengetahui kendala yang dialami tuan rumah.

"Dampak minimalnya, citra persiapan penyelenggaraan di nilai negatif. Kemudian, yang parah, soal koordinasi antara pusat dan daerah. Terutama, Ibu kota Jakarta," katanya.

2. Pemprov DKI Jakarta diminta membuat kebijakan menyeluruh

Nasihat untuk Pemprov DKI Jakarta Soal Sorotan Media AsingIDN Times/Helmi Shemi

Politisi PSI itu mengingatkan jika pelaksanaan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Untuk itu dirinya berharap Pemprov DKI Jakarta untuk buat kebijakan menyeluruh karena nama Indonesia menjadi taruhannya.

 "Jangan lagi buat sebuah kebijakan yang ingin di lihat bagian mukanya saja, buatlah kebijakan yang menyeluruh karena nama besar Indonesia di mata dunia dipertaruhkan," ucapnya.

3. Pemprov DKI harus bisa lebih taktis dalam persiapan Asian Games 2018

Nasihat untuk Pemprov DKI Jakarta Soal Sorotan Media AsingIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Andi menyarankan Pemprov DKI untuk lebih taktis jelang berlangsungnya Asian Games. Salah satu caranya adalah dengan memberi pernyataan publik tentang apa saja yang dilakukan Pemprov DKI untuk Asian Games 2018.

"Terlebih mereka harus juga melakukan konfrensi pers kepada media bahwa telah melakukan berbagai hal buat Asian Games ini," tutupnya.

Baca juga: Apa Kabar Alat Pengolah Limbah Sandiaga untuk Bersihkan Kali Item?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya