Pemda Tangani Virus Corona, Demokrat: Jokowi Harus Berterima Kasih

"Dia (harus) berterima kasih sama Pemda."

Jakarta, IDN Times - Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan meminta Pemerintah Pusat tidak tersinggung dengan langkah yang diambil sejumlah Pemerintah Daerah dalam menangani virus corona.

Sejumlah daerah diketahui memiliki sejumlah kebijakan sendiri dalam menangani virus corona di wilayahnya. Di Provinsi DKI Jakarta misalnya, Gubernur Anies Baswedan meliburkan sekolah dan menutup tempat wisata. Sementara Kota Solo diberlakukan semi lockdown.

1. Jokowi harus berterima kasih kepada Pemda

Pemda Tangani Virus Corona, Demokrat: Jokowi Harus Berterima KasihPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis 27 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Hinca menyarankan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk berterima kasih kepada Pemda. Sebab, sejumlah Pemda telah berani mengeluarkan kebijakan untuk wilayahnya dalam menangani virus corona.

"Dia (harus) berterima kasih sama Pemda, Pemda kan juga punya kewajiban bertanggung jawab bernegara. Jangankan Pemda, individu-individu pun di masyarakat, kelompok-kelompok masyarakat bersatu padu mengambil langkah," ujar Hinca di JCC Senayan, Minggu (15/3).

2. Jumlah pasien positif virus corona sebanyak 96 orang

Pemda Tangani Virus Corona, Demokrat: Jokowi Harus Berterima KasihJuru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Hingga artikel ini dibuat, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia telah mencapai 96 kasus. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto pada Sabtu (14/3). Ia mengatakan total tersebut berasal dari hasil tracing yang dilakukan oleh tim medis.

"Update pada hari ini jumlah kasus positif total ada 96 per hari ini," ujar Yuri saat konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19) di Graha BNPB, Sabtu (14/3).

3. Jumlah kasus terus bertambah

Pemda Tangani Virus Corona, Demokrat: Jokowi Harus Berterima KasihJuru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jumlah pasien positif tersebut bertambah dengan adanya 27 orang yang baru dinyatakan positif sejak data akhir kemarin. Ia menekankan bahwa tracing merupakan hal pokok dalam pencegahan penyebaran virus corona.

"Terakhir kita laporkan 69 (orang positif virus corona) sekarang menjadi 96 oleh karena itu ada penambahan kasus baru sebanyak 27. Ini didapatkan dari tracing," ujarnya.

Baca Juga: Wabah Virus Corona, Nadiem Makarim Siap Tunda Ujian Nasional

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya