Pemprov DKI Batasi Perayaan Natal dan Larang Acara Tahun Baru 

Warga juga gak boleh keluar kota

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membatasi perayaan natal 2020 dan melarang pesta tahun baru 2021. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

Biasanya, setiap malam tahun baru Jakarta acap kali dijejali kegiatan yang menyedot perhatian publik. Dipusatkan di wilayah Sudirman-Thamrin hingga kawasan Monumen Nasional atau Monas, tak sedikit masyarakat yang berbondong-bondong hadir untuk sekadar menghabiskan malam pergantian tahun di pusat kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, keputusan itu diambil setelah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak.

1. Perayaan natal dibatasi

Pemprov DKI Batasi Perayaan Natal dan Larang Acara Tahun Baru Ilustrasi Natal. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Terkait perayaan Natal 2020, Riza mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan pimpinan agama Katolik dan Kristen. Hasilnya, perayaan natal dibatasi hanya boleh di tempat ibadah dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami terima kasih kepada pimpinan agama Kristen dan Katolik yang terus berkoordinasi dan menyambut baik perayaan natal 2020," kata Riza.

Baca Juga: Umat Katolik Diimbau Tidak Mudik saat Natal dan Tahun Baru

2. Perayaan tahun baru dilarang di Jakarta

Pemprov DKI Batasi Perayaan Natal dan Larang Acara Tahun Baru Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Riza pun menegaskan, pihaknya melarang perayaan tahun baru 2021 yang memicu kerumunan. Selain itu, ia memastikan jika tempat wisata dan hiburan juga dibatasi jumlah pengunjung serta waktunya.

"Kami minta tidak ada kegiatan perayaan tahun baru yang tidak sesuai dengan aturan PSBB transisi," ujar politisi Partai Gerindra tersebut.

3. Masyarakat juga diminta tak keluar kota

Pemprov DKI Batasi Perayaan Natal dan Larang Acara Tahun Baru Sejumlah pengendara mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020) (ANTARA FOTO/Rifki N)

Riza juga meminta masyarakat Jakarta tetap berada di rumah ketika libur natal 2020 dan tahun baru 2021. Guna mengantisipasi warga keluar kota, Riza mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah daerah tetangga.

"Di DKI Jakarta tidak ada perayaan tahun baru, kita minta semua warga Jakarta berada di rumah bersama keluarga dan enggak keluar kota," tukas dia.

Baca Juga: Waspada! Ini Daftar 46 RW Zona Merah COVID-19 di Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya