Penjual Hewan Kurban Mengaku Dimintai Sapi Gratis oleh Camat Matraman

Adin menuturkan, dirinya dimintai seekor sapi oleh camat

Jakarta, IDN Times - Jelang Idul Adha, sebuah peristiwa tak menyenangkan terjadi. Seorang pedagang hewan kurban bernama Adin mengaku dimintai satu hewan kurban oleh Camat Matraman Bambang Eko Prabowo agar bisa berjualan di lahan milik PT Kalamar Induk di jalan Ahmad Yani, Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur

Padahal ia sudah mendapat izin dari pemilik lahan untuk berjualan selama sebulan ke depan.

1. Sudah digunakan berjualan selama 26 tahun

Penjual Hewan Kurban Mengaku Dimintai Sapi Gratis oleh Camat MatramanANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Adin mengaku telah berjualan hewan kurban selama 26 tahun di lokasi yang sama. Ia mendapat kabar bahwa dirinya dimintai hewan kurban setelah dikontak oleh dokter hewan kecamatan.

"Kemarin saya ditelepon sama dokter hewan kecamatan sama wakil manpol. Mereka bilang kalau mau dagang syaratnya Pak Camat minta satu ekor sapi," kata Adin kepada wartawan, Kamis (1/7).

Baca Juga: Kurangi Sampah Plastik, Pemda DIY Imbau Panitia Kurban Sediakan Besek

2. Adin keberatan dengan permintaan Camat Matraman

Penjual Hewan Kurban Mengaku Dimintai Sapi Gratis oleh Camat MatramanIDN Times/Fariz Fardianto

Mendengar syarat itu, Adin pun keberatan. Perhitungan dia, jika memberikan seekor sapi maka Adin sama saja kehilangan Rp20 juta. 

"Mereka nego jadi Rp10 juta, saya masih berat. Turun lagi jadi Rp7,5 juta. Saya tetap enggak mau. Biasanya juga enggak sampai seperti ini. Kalau satu kambing saya masih oke lah," tutur Adin.

3. Adin surati Anies Baswedan

Penjual Hewan Kurban Mengaku Dimintai Sapi Gratis oleh Camat MatramanDok.IDN Times/Istimewa

Jika syarat tersebut tetap diberlakukan, Adin memilih untuk mencari tempat berjualan lain. Ia pun telah bersurat kepada Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menyediakan lahan berjualan hewan kurban di Jakarta Timur. 

"Saya minta kepada bapak Gubernur DKI Jakarta tolong instruksikan ke tingkat Wali Kota Jakarta timur untuk memberikan toleransi kepada pedagang hewan kurban musiman yang menggunakan lahan pribadi dan bukan di jalur hijau atau trotoar," katanya.

Baca Juga: Seharga Rp85 Juta, Sapi Kurban Jokowi Punya Keistimewaan Unik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya