Profil Marullah Matali, Sekda DKI Calon Pengganti Anies

Marullah jadi 1 dari 3 nama yang diusulkan DPRD jadi PJ

Jakarta, IDN Times - Profil Marullah Matali kini ramai disorot publik. Ya, itu karena nama Marullah Matali masuk dalam jajaran calon yang diajukan menjadi salah satu nama yang diajukan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjabat sebagai Penjabat Gubernur hingga Pilkada 2024.

Saat ini, Marullah adalah Sekretaris Daerah DKI Jakarta yang menjadi 'tangan kanan' Anies Baswedan. Marullah telah berkarier sebagai ASN Pemprov DKI Jakarta selama 26 tahun. Berikut profil Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali.

1. Profil Marullah Matali, Sekda DKI gantikan Saefullah yang meninggal dunia karena COVID-19

Profil Marullah Matali, Sekda DKI Calon Pengganti AniesIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Marullah Matali merupakan pria asli Jakarta yang lahir 56 tahun lalu. Lulusan Universitas Islam Madinah dan IAIN Syarif Hidayatullah ini dikaruniai tiga orang anak dari pernikahannya dengan komariah.

Ia menjadi Sekda DKI Jakarta pada 2021 usai terpilih melalui seleksi jabatan dengan 17 orang lainnya. Saat itu posisi Sekda kosong usai Saefullah meninggal dunia karena COVID-19.

2. Marullah Matali pernah jadi Wali Kota Jakarta Selatan

Profil Marullah Matali, Sekda DKI Calon Pengganti AniesSekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali (IDN Times/Aryodamar)

Marullah pernah menjadi Wali Kota Jakarta Selatan pada 2018. Saat itu ia menggantikan Tri Kurniadi yang dicopot Anies Baswedan.

Sebelumnya, Putra Betawi ini pernah mengisi sejumlah jabatan seperti Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Kependudukan, Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Pariwisata, hingga Kepla Biro Pendidikan dan Mental DKI Jakarta.

Selama berkarier, ia berhasil mendapat dua penghargaan yakni masa kerja 15 tahun dari Gubernur DKI Jakarta (2011) dan Satyalencana Karya Satya Kelas 1 dari Presiden (2012).

Baca Juga: Tok! Ini 3 Nama Pengganti Anies dari DPRD DKI: Heru, Bahtiar, Marullah

3. Marullah Matali punya kekayaan Rp4,9 miliar

Profil Marullah Matali, Sekda DKI Calon Pengganti AniesSekda DKI Jakarta Marullah Matali (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggaran negara (LHKPN) yang diunggah di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Marullah Matali tercatat memiliki keakayaan senilai total Rp4,9 miliar per 2021.

Kekayaan itu teridiri dari 21 lahan dan bangunan senilai total Rp4,6 miliar, hingga 4 mobil senilai total Rp223 juta. Ia juga punya harta bergerak lain Rp439 juta, kas dan setara kas Rp231,7 juta.

Marulah juga melaporkan adanya harta lain senilai Rp5,8 miliar. Lalu, ia memiliki utang Rp858 juta.

Baca Juga: Gubernur Anies Batal Lantik Penjabat Sekda, Ini Penjelasan Marullah 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya