Profil Yana Mulyana, Wali Kota Bandung yang Kena OTT KPK

Harta kekayaan Yana berdasarkan LHKPN sebesar Rp8,5 miliar

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Bandung Yana Mulyana tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima suap pengadaan CCTV dan internet pada Jumat (14/4/2023) malam. Ia merupakan Wali Kota Bandung sisa masa jabatan periode 2018-22023.

Berikut profil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Mengutip situs resmi Pemkot Bandung, Yana Mulyana merupakan seorang pengusaha dan politikus yang lahir pada 17 Februari 1965. Ia berhasil menjadi Wali Kota Bandung karena menggantikan Oded Muhammad Danial yang meninggal dunia karena serangan jantung pada Jumat, 10 Desember 2022.

Politikus Partai Gerindra ini memiliki bisnis properti dan sejumlah lini bisnis lain. Selain itu, ia disebut sebagai sosok pendiri radio Rase FM pada 1987.

Yana berkiprah sebagai pengusaha serta memimpin sejumlah organisasi Ketua PSSI Kota Bandung, REI (Real Estate Indonesia) Jawa Barat, hingga HIMI Jawa Barat.

Berdasarkan laporan kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang ia sampaikan ke KPK, Yana punya harta Rp8,5 miliar. Ia terkahir kali melaporkan kekayaannya ke KPK pada 16 Januari 2023 untuk periodik 2022.

Yana Mulyana melaporkan bahwa ia memiliki sebidang tanah dan bangunan senilai Rp5 miliar di Bandung, Jawa Barat. Selain itu, Yana mengaku hanya punya dua kendaraan senilai Rp840 juta yang teridir dari Motor Harley Davidson dan Mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Lalu, Yana memiliki harta bergerak lainnya Rp40 juta serta kas dan setara jas Rp2,6 miliar.

Baca Juga: Kena OTT KPK, Harta Wali Kota Bandung Yana Mulyana Rp8,5 Miliar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya