Resmikan Guru Penggerak, Nadiem Ingin Pembelajaran Berpihak pada Murid

Program Guru Penggerak resmi dibuka

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menghadiri dan meresmikan pembukaan program Guru Penggerak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara virtual, Kamis (15/10/2020).

Dalam sambutannya, Nadiem mengungkapkan ada sejumlah cita-cita yang ingin ia raih bersama dengan seluruh tenaga pendidik.

"Cita-cita kita pembelajaran yang berpihak pada murid, yang memerdekakan pemikiran dan potensi murid tersebut," kata dia.

Baca Juga: Nadiem Resmikan Merdeka Belajar Episode 4 Program Organisasi Penggerak

1. Para guru diminta terus belajar

Resmikan Guru Penggerak, Nadiem Ingin Pembelajaran Berpihak pada MuridMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam Peringatan Hari Guru Sedunia (Youtube.com/KEMENDIKBUD RI)

Nadiem juga meminta para guru untuk terus belajar. Sebab, dirinya pun juga masih terus belajar hingga sekarang.

"Ibu dan Bapak yang saya banggakan, setiap orang adalah guru sekaligus murid. Teruslah mencoba dan terbuka pada hal baru," kata dia.

2. Para guru juga diminta terus mengeksplorasi kebaruan

Resmikan Guru Penggerak, Nadiem Ingin Pembelajaran Berpihak pada MuridMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim bicara soal Asesmen Nasional (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Mantan bos GoJek ini juga mengingatkan bahwa para guru sedang menemani belajar murid-murid yang akan mengisi masa depan. Masa depan akan ada banyak hal baru, sehingga guru dituntut selalu mengeksplorasi kebaruan.

"Teruslah mencari cara terbaik untuk diimplementasikan di ruang kelas," ujar dia.

3. Guru Penggerak akan fokus pada pelajar

Resmikan Guru Penggerak, Nadiem Ingin Pembelajaran Berpihak pada MuridNur Rohim bersama anak didiknya di Merauke, Papua (Dok. Pribadi/Nur Rohim)

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan, Guru Penggerak akan selalu berpihak pada murid dan fokus pada proses pembelajaran.

“Guru menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan luar sekolah, guru menerapkan pembelajaran aktif sesuai dengan tahap perkembangan murid yang dapat diikuti oleh guru lainnya, sehingga murid dapat meraih kemerdekaannya dalam belajar,” kata dia.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Luncurkan Program Guru Penggerak, Apa Itu?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya