Ridwan Kamil Blak-Blakan Cari Parpol untuk Maju Pilkada

Kang Emil siap jadi Gubernur Jabar dua periode

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga saat ini masih mencari partai politik untuk bernaung. Ia berhasrat kembali masuk partai politik karena menurutnya hal itu akan memudahkan langkah politiknya ke depan.

"Iya sedang mencari-cari karena memang untuk kepentingan maju dua periode (gubernur)  pun saya putuskan lebih mantap jika berpartai, sehingga dukungan DPRD pun bisa kuat," ujar Ridwan Kamil di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

"Di luar kalau ada yang meminang memang ke pemimpin nasional ya juga posisinya juga lebih baik harus sudah berpartai," sambungnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tetap Minta Masyarakat Tahun Baru 2022 di Rumah Saja

1. Ridwan Kamil belum tentukan arah politiknya

Ridwan Kamil Blak-Blakan Cari Parpol untuk Maju PilkadaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Aryodamar)

Hingga saat ini mantan Wali Kota Bandung itu masih tak bisa menentukan ke mana arah politiknya setelah tak menjadi Gubernur Jawa Barat. Masa kepemimpinannya di periode pertama akan usai pada 2023 mendatang.

"Gak bisa ditebak matematika begitu, mana aja takdir Tuhan ya," ujarnya.

Baca Juga: Golkar Jabar Terbuka untuk Ridwan Kamil Maju Gubernur Dua Periode

2. Ridwan Kamil masih jalin komunikasi dengan sejumlah parpol

Ridwan Kamil Blak-Blakan Cari Parpol untuk Maju PilkadaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Aryodamar)

Lulusan Institut Teknologi Bandung itu pun terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik. Beberapa partai itu antara lain Partai Amanat Nasional dan Golkar.

"Semuanya baik-baik. Kemarin pak Zul (Zulkifili Hasan) ke Bandung, pak Airlangga dulu dan semuanya dijaga hubungan baik. Dalam politik hubungan baik itu penting," ujarnya.

3. Ridwan Kamil ungkap hasratnya masuk Parpol

Ridwan Kamil Blak-Blakan Cari Parpol untuk Maju PilkadaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Aryodamar)

Sebagai informasi, Ridwan Kamil menyatakan diri akan bergabung dengan partai pada 2022. Ia menyampaikan, saat ini hanya ingin fokus untuk melanjutkan kepemimpinannya di Jabar. Adapun pada Pilgub Jabar 2023, dirinya memastikan akan berstatus menjadi anggota partai.

"Saya masih istikhoroh terus terang. Kalau lanjut gubernur juga periode kedua, mungkin posisinya sudah berpartai juga. Partai mana, mungkin di 2022 mungkin akan saya sampaikan," ujar Emil, di Gedung Pakuan, Jumat (8/10/2021).

Sampai saat ini, pergerakan partai politik di Jabar menjelang Pilgub 2023 masih dinamis. Tokoh-tokoh daerah dan dari partai politik masih malu-malu untuk menunjukkan jagoannya pada publik.

"Pada 2022 saya sampaikan, sekarang saya akan istikhoroh mana (partai) yang pas dulu," ungkap Emil.

Baca Juga: Dewan Pakar NasDem: Dukungan Konstituen Ridwan Kamil untuk 2024 Kuat

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya