Ridwan Kamil Gantikan Eril Wisuda di ITB

Tugas Akhir Eril soal teknologi scan penyakit kulit lewat HP

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggantikan anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz, untuk menjalani wisuda di Institut Teknologi Bandung. Eril seharusnya diwisuda di ITB, Sabtu (8/4/2023).

"Hari ini, A Eril almarhum akan diwisuda sebagai sarjana IT secara in absentia. Saya akan mengambil ijazahnya mewakilinya," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan di media sosialnya.

1. Tugas akhir Eril inovatif

Ridwan Kamil Gantikan Eril Wisuda di ITBFoto terakhir putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, saat berada di Swiss. (www.instagram.com/@ataliapr)

Politikus Partai Golkar itu mengatakan ITB menggelar dua kali sidang tugas akhir meski Eril telah meninggal dunia. Sidang itu untuk menguji kelayakan tugas akhir yang secara substansi sudah selesai.

"Proyeknya Almarhum kira-kira adalah menciptakan teknologi pemindaian penyakit kulit menggunakan kamera ponsel yang kemudian dibaca oleh machine learning. Kerja bersama timnya," jelas Ridwan Kamil.

Baca Juga: Viral! Ribuan Jemaah Haji Asal Jabar Doakan Eril di Mekkah 

2. Ridwan Kamil sebut tugas akhir Eril diuji oleh Guru Besar

Ridwan Kamil Gantikan Eril Wisuda di ITBinstagram.com/ridwankamil

Ridwan Kamil menjelaskan, tugas akhir Eril pertama kali diuji di tingkat fakultas. Setelahnya, tugas akhir Eril diuji oleh Guru Besar.

"Hasilnya, Alhamdulillah dinyatakan memenuhi syarat standar ketat ITB," ujarnya.

3. Eril ditemukan meninggal usai hanyut di Sungai Aare, Swiss

Ridwan Kamil Gantikan Eril Wisuda di ITBJenazah Emmeril Kahn Mumtadz saat tiba di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu malam (12/6/2022). (Dok. Humas Jawa Bawat)

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan meninggal dunia usai hanyut di Sungai Aare, Swiss. Jenazahnya ditemukan dalam kondisi yang masih utuh, enam kilometer dari lokasinya hanyut.

Ridwan Kamil memakamkan jenazah Eril pada Senin, 13 Juni 2022 lalu. Dia dimakamkan di Desa Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Larang Perusahaan Cicil Bayar THR Idul Fitri 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya