Setuju dengan Megawati, MAKI: KPK Sekarang Banyak Hal Buruk

Megawati sebut KPK jadi tidak bagus

Jakarta, IDN Times - Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) setuju dengan pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Megawati menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini dipergunakan tidak dengan baik.

"Saya setuju dengan pendapat Bu Mega karena KPK sekarang banyak hal-hal negatif dan buruk dan dipergunakan dengan baik," ujar Boyamin saat dihubungi IDN Times pada Sabtu (25/5/2024).

1. Pimpinan KPK dinilai punya ambisi masing-masing

Setuju dengan Megawati, MAKI: KPK Sekarang Banyak Hal BurukKoordinator MAKI, Boyamin Saiman (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Boyamin, Pimpinan KPK sendiri lah yang punya andil memperburuk lembaganya. Salah satu penyebabnya adalah adanya ambisi terselubung dari para pimpinan.

"Ada yang punya ambisi ingin jabatan lebih tinggi baik menteri maupun wapres maupun presiden. Itu beberapa kali setelah Pak Antasari Azhar saya melihatnya di situ. Sehingga dalam bekerja punya agenda menyukseskan ambisinya itu," ujarnya.

Baca Juga: Mahfud Ragu Komitmen Pemberantasan Korupsi di Era Pemerintahan Prabowo

2. Ambisi membuat pimpinan KPK berkompromi

Setuju dengan Megawati, MAKI: KPK Sekarang Banyak Hal BurukKoordinator MAKI, Boyamin Saiman (IDN Times/Aryodamar)

Boyamin menilai ambisi itu membuat Pimpinan KPK lebih banyak berkompromi agar terpilih lagi pada periode kedua. Hal ini membuat Pimpinan KPK yang tak bisa diajak kompromi terdepak.

"Yang kompromi terpilih yang tidak kompromi yantak terpilih seperti Pak Laode Syarif," ujarnya.

Baca Juga: Konflik dengan Dewas KPK, Nurul Ghufron Dicap seperti Anak Kecil

3. Megawati sebut KPK jadi tidak bagus

Setuju dengan Megawati, MAKI: KPK Sekarang Banyak Hal BurukKetua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP)

Sebelumnya, Megawati menyinggung KPK ia dirikan sebagai lembaga independen untuk melawan korupsi pasca-reformasi. Namun, semangat reformasi sudah hilang dalam sekejap. 

"Dulu reformasi menempatkan nepotisme, kolusi dan korupsi sebagai musuh bersama dan oleh sebab itu lahirlah KPK, itu juga saya yang buat, heran lho barang yang bagus-bagus tapi sekarang dipergunakannya menjadi tidak bagus," ujar dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya