Suhu Jakarta Panas, Waspada 3 Hal Ini

Belakangan ini suhu Jakarta terasa lebih panas dari biasanya

Jakarta, IDN Times - Dalam beberapa hari terakhir suhu udara di Jakarta terasa sangat panas. Bila beraktivitas di luar ruang maka akan terasa silau dan matahari sangat menyengat permukaan kulit. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gerak matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Tak hanya itu, suhu air laut yang mencapai 26-27 derajat Celcius membuat awan yang biasanya menjadi filter matahari jadi menipis sehingga pancaran sinarnya langsung menyengat.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Muhamad Ridwan mengingatkan sejumlah hal seperti hemat air serta menggunakan masker saat beraktivitas.

1. Waspada kekeringan

Suhu Jakarta Panas, Waspada 3 Hal Ini(Ilustrasi) IDN Times/Dhana Kencana

Ridwan mengatakan, dengan tingginya suhu di Jakarta beberapa hari terakhir warga diminta mewaspadai kekeringan terlebih saat ini sedang musim kemarau.

"Hemat menggunakan air untuk kebutuhan penting seperti minum dan Mandi Cuci Kakus (MCK)," kata Ridwan saat dihubungi di Jakarta, Selasa (22/10).

Baca Juga: Tanpa El Nino, Makassar Capai Suhu Tertinggi Sepanjang Sejarah

2. Waspada kebakaran

Suhu Jakarta Panas, Waspada 3 Hal IniIDN Times/Fadli Syahputra

Selain itu, potensi kebakaran juga akan cepat merambat, lantaran kondisi kering sehingga api dapat dengan cepat membesar.

"Waspada ketika membakar sampah, kondisinya saat ini sedang kering khawatir akan menyambar," jelasnya.

3. Waspada ISPA

Suhu Jakarta Panas, Waspada 3 Hal IniANTARA FOTO/Rony Muharrman

Ridwan juga mengingatkan suhu tinggi di Jakarta juga berisiko menimbulkan penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Untuk itu, warga disarankan menggunakan masker ketika beraktivitas.

Baca Juga: Suhu Terasa Lebih Panas? Begini Penjelasan BMKG

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya