Survei Polstat: Ganjar Unggul Tipis jika Duel dengan Anies

Hanya selisih 0,2 persen

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Polstat Indonesia merilis laporan survei nasional periode Agustus 2023 pada Rabu (9/8/2023). Dalam survei tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul tipis jika berduel dengan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Sebanyak 43,3 persen responden mengaku akan memilih Ganjar Pranowo jika pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti dua capres. Sementara itu Anies Baswedan dipilih oleh 43,1 persen responden," ujar peneliti senior Polstat Indonesia, Apna Permana dalam konferensi pers, Rabu (9/8/2023).

Permana mengungkapkan keunggulan tipis yang diraih Ganjar itu membuat hasil akhir Pemilu 2024 tak bisa ditebak. Apna menyebut, sulit menentukan siapa yang lebih diunggulkan dari masing-masing tokoh.

"Sebanyak 13,6 persen responden mengaku belum bisa memilih salah satu diantara kedua tokoh tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Survei Polstat: Mayoritas Yakin Jokowi Dukung Prabowo, Bukan Ganjar

1. Ganjar akan kalah telak jika berduel dengan Prabowo Subianto

Survei Polstat: Ganjar Unggul Tipis jika Duel dengan AniesPrabowo Subianto dan Ganjar Pranowo Kompak Pakai Baju Kotak-kotak di Acara Diskusi (IDN Times/Istimewa)

Permana menyebut Ganjar akan kalah telak jika berhadapan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pemilu Presiden 2024. Sebanyak 53,5 persen responden memilih Prabowo, sedangkan Ganjar hanya 34,7 persen.

"Dibandingkan dengan dua hasil survei Polstat Indonesia sebelumnya pada Februari dan Mei 2023, tingkat elektabilitas Prabowo semakin meingkat. Sementara tingkat elektabilitas Ganjar terus menurun," ujarnya.

Baca Juga: Duet Prabowo-Erick Dinilai Mampu Gaet Suara Gen Z dan Milenial di 2024

2. Ganjar dan Anies disebut kalah lawan Prabowo

Survei Polstat: Ganjar Unggul Tipis jika Duel dengan AniesPrabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawaninstagram.com/ganjar_pranowoIDN Times/Reynaldy Wiranata)

Ganjar dan Anies juga kalah ketika nama Prabowo dimasukkan dalam simulasi tiga calon presiden.

Prabowo Subianto disebut memiliki elektabilitas sebesar 41,4 persen. Sedangkan Ganjar hanya 27 persen dan Anies 26,9 persen.

"Data ini semakin menegaskan bahwa keunggulan Prabowo Subianto atas para kompetitornya adalah suatu realitas mengingat dalam format pertanyaan apapun Prabowo selalu leading atas lawan-lawannya," ujar Permana.

Baca Juga: Survei LPI: Ganjar Jadi Capres Paling Banyak Didukung Emak-emak

3. Survei dilakukan pada 28 Juli sampai 4 Agustus 2023

Survei Polstat: Ganjar Unggul Tipis jika Duel dengan Aniesilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui, suvei dilakukan Polstat Indonesia pada 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2023 di 34 provinsi di Indonesia. Terdapat 1.200 WNI berusia lebih dari 17 tahun sebagai responden acak bertingkat.

Margin of error survei ini kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh tenaga ahli.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya