Syahrul Yasin Limpo Minta Dibelikan iPad hingga Pin Emas ke Anak Buah

SYL pernah menunjuk langsung

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, disebut pernah secara langsung meminta kepada anak buahnya dibelikan sejumlah barang seperti pin emas hingga iPad. Hal itu terungkap dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

"Beberapa kali minta dibelikan parfum, atau handphone, kacamata, dan pernah minta dibuatkan pin menteri dari emas," ujar Staf Protokol Menteri Pertanian, Rininta Octrini, yang dihadirkan sebagai saksi pada Rabu (22/5/2024).

Baca Juga: Cucu Syahrul Yasin Limpo Dijadikan Honorer Kementan, Gajinya Rp10 Juta

1. Syahrul Yasin Limpo disebut pernah menunjuk langsung

Syahrul Yasin Limpo Minta Dibelikan iPad hingga Pin Emas ke Anak BuahSidang eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (IDN Times/Aryodamar)

Rini menjelaskan setiap Syahrul membutuhkan sesuatu, ia berkoordinasi dengan Panji, ajudan Syahrul. Panji akan menghubungi pihak-pihak tertentu di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Nanti mas Panji yang akan menghubungi eselon satu atau biro umum yang akan diminta menyiapkan barang," ujar Rini.

"Ada gak menteri menyebutkan, yang bayar ini Dirjen itu Dirjen a, b, c?" tanya jaksa.

"Ada," jawab Rini.

"Gimana, coba jelaskan?" tanya jaksa.

"Salah satunya ketika Pak Menteri minta disiapkan iPad, waktu itu bapak menyampaikan mintakan ke Litbang," jelas Rini.

"Langsung ditunjuk oleh SYL?"

"Iya betul," ujarnya.

2. Syahrul Yasin Limpo didakwa korupsi dan peras anak buah Rp44,5 M

Syahrul Yasin Limpo Minta Dibelikan iPad hingga Pin Emas ke Anak BuahTerdakwa kasus pemerasan dan gratifikasi (dari kiri ke kanan) mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dan mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono mengikuti sidang perdana yang beragenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (28/2/2024). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Syahrul Yasin Limpo didakwa korupsi dan memeras anak buahnya senilai Rp44,5 miliar. Ia didakwa melakukan hal tersebut bersama-sama dengan eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta.

Dalam dakwaan, uang itu diduga digunakan Syahrul Yasin Limpo untuk berbagai keperluan. Ada uang yang diduga mengalir untuk keperluan istri, dirinya sendiri, keluarga, sewa pesawat, kurban, hingga ke Partai NasDem.

Baca Juga: KPK Sita Pajero Syahrul Yasin Limpo, Diduga Sengaja Disembunyikan

3. KPK masih usut dugaan pencucian uang Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo Minta Dibelikan iPad hingga Pin Emas ke Anak BuahKPK sita rumah Syahrul Yasin Limpo senilai Rp4,5 M (dok. Humas KPK)

Sementara persidangan berlangsung, KPK juga terus mengusut dugaan pencucian uang Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah pihak telah dimintai keterangan terkait hal ini.

Selain memeriksa saksi-saksi, KPK juga memburu aset-aset Syahrul Yasin Limpo. Contohnya adalah rumah dan mobil Syahrul Yasin Limpo.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya