Tangis Haru Seorang Kakek Saat Terima Bantuan dari Anies Baswedan

Kakek itu jadi salah satu penerima Kartu Lansia Jakarta

Jakarta, IDN Times - Seorang kakek tak kuasa menahan air matanya ketika dirangkul oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sesaat setelah mengambil bantuan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dalam acara pembagian KLJ di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amanah Komplek Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/4). 

Pria tua berkemeja batik cokelat itu bernama Muntori. Dia tak menyangka orang nomor satu di Jakarta itu menghampirinya. Berikut kisahnya.

1. Sang kakek terharu karena dapat bantuan dari Anies

Tangis Haru Seorang Kakek Saat Terima Bantuan dari Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Muntori awalnya hanya ikut acara tersebut. Namun, setelah acara ia diajak Anies untuk melakukan simulasi pengambilan uang bantuan langsung dari mesin ATM Bank DKI.

Anies membantu Muntori dengan menunjukkan cara mengambil uang dari mesin ATM, mereka kemudian mengambil uang sebesar Rp300 ribu dan seketika Muntori langsung menangis terharu mendapatkan bantuan dari Pemprov DKI.

"Terima kasih bantuannya Bapak Gubernur DKI Jakarta atas bantuan untuk nambah-nambah kebutuhan rumah dan istri saya karena saya sekarang seorang pengangguran," kata Muntori sambil mengusap air matanya.

Baca Juga: Numpang Mobil RI 2, Jusuf Kalla dan Anies Bahas Pilpres

2. Tak semua lansia bisa terima KLJ

Tangis Haru Seorang Kakek Saat Terima Bantuan dari Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam acara itu, Anies membagikan KLJ kepada sejumlah orang tua lanjut usia (lansia). Anies mengatakan saat ini lansia penerima KLJ yang terdata oleh Pemprov DKI Jakarta ada sebanyak 40.419 lansia.

Anie berharap KLJ bisa membantu mengurangi beban ekonomi para lansia.

"Pembagian tahun 2019 jumlahnya 40419 lansia, kita mengharapkan agar orang tua yang menerima ini akan bisa memanfaatkan uang yang diterimanya untuk kebutuhan sehari-hari jadi bisa membantu mengurangi biaya yang selama ini," kata Anies dalam sambutannya.

3. Bagi lansia yang kesulitan bisa mendapat pendampingan

Tangis Haru Seorang Kakek Saat Terima Bantuan dari Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pemprov DKI menyadari bahwa ada sejumlah lansia yang sudah kesulitan berjalan sehingga tak mampu mengambil bantuan bulanan tersebut. Sebagai solusinya, Pemprov DKI mengizinkan lansia yang sudah kesulitan berjalan untuk diwakilkan.

"Tapi pendamping itu kita monitor, yang gak bisa bangun dari tempat tidur bisa dikuasakan pada para pendampingnya," ujar Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah.

4. Anies ingin lansia bisa hidup sejahtera

Tangis Haru Seorang Kakek Saat Terima Bantuan dari Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies bersyukur bila orang tua di Jakarta masih dirawat oleh keluarganya yang berkecukupan. Namun, bila ada orang tua yang kesulitan Anies memastikan Pemprov DKI siap melayani.

"Bila kondisi ekonominya tak cukup maka pemerintah ada untuk melindungi," kata Anies.

Baca Juga: Anies Berikan Rp600 Ribu Tiap Bulan bagi Lansia di DKI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya