Tolak Sidang Virtual, Rizieq: Saya Ingin Pengadilan Berjalan Adil!

Rizieq mau hadir dari awal sidang sampai putusan pengadilan

Jakarta, IDN Times - Sidang perdana kasus Swab PCR di Rumah Sakit Ummi Bogor, Jawa Barat berlangsung alot. Rizieq Shihab dan para kuasa hukumnya menolak melanjutkan persidangan yang digelar secara virtual.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur tetap tegas mengatakan bahwa sidang tetap dilanjutkan secara virtual. Hal itu sudah sesuai dengan musyawarah.

"Sidang online harus hormati karena ini diatur Permah. Kalau kuasa hukum gak setuju, ajukan uji hukum" ujar Majelis Hakim, Senin (16/3/2021).

1. Rizieq klaim sidang langsung bisa lebih berjalan adil dibanding virtual

Tolak Sidang Virtual, Rizieq: Saya Ingin Pengadilan Berjalan Adil!Layar menampilkan suasana sidang perdana kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (16/3/2021). Sidang tersebut beragendakan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Rizieq Shihab mengatakan, permohonan bahwa dirinya tak bersedia melakukan sidang virtual telah disampaikan secara tertulis melalui kuasa hukum kepada Majelis Hakim, Mahkamah Agung, hingga Komisi Yudisial. Namun, Majelis Hakim merasa belum menerima itu meski Rizieq mengklaim punya tanda terimanya.

"Saya sebagai terdakwa tidak bersedia disidang online, maaf beribu maaf. Karena ini menyangkut nasib saya, saya sudah tiga bulan di penjara. Saya ingin pengadilan saya berjalan adil, saya dapat hak dan kebebasan saya untuk hadir," ujar Rizieq dalam sidang yang digelar secara virtual, Selasa (16/3/2021).

"Kalau jaksa dan penuntut umum lebih dari 20 orang bisa hadir di ruang sidang, kenapa saya yang seorang diri dihalangi? Saya tegas memohon untuk bisa dihadirkan di ruang sidang, dari awal sidang sampai di akhir keputusan," tambahnya.

Baca Juga: Terkendala Teknis, Sidang Kasus Rizieq Shihab Ditunda hingga 19 Maret

2. Munarwan walk out dari ruang sidang

Tolak Sidang Virtual, Rizieq: Saya Ingin Pengadilan Berjalan Adil!Sekjen FPI, Munarman, di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020) (IDN Times/Sandy)

Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Munarman pun ngotot tak mau mengikuti sidang apabila tak ada terdakwa yang hadir secara langsung. Ia menyatakan walk out dari persidangan karena majelis hakim tetap menjalankan sidang online. Hal itu juga diikuti oleh Rizieq

"Maaf, kalau mau dipaksakan sidang online saya menyatakan diri tidak mengikuti sidang. Saya akan keluar dan tidak ikut sidang, apalagi pengacara sudah keluar," ujarnya.

3. Kuasa hukum menuntut Rizieq dihadirkan secara langsung di persidangan

Tolak Sidang Virtual, Rizieq: Saya Ingin Pengadilan Berjalan Adil!Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab tiba Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebelumnya, sidang kasus kekarantinaan kesehatan Rizieq Shihab mulai digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Selasa (16/3/2021). Namun, sejumlah kendala ditemukan ketika persidangan akan dimulai.

Kuasa Hukum Rizieq, Munarman, mengeluhkan ketidakjelasan suara Jaksa Penuntut Umum dan Terdakwa. Ia pun menuntut Rizieq dihadirkan secara langsung di persidangan.

"Ini kepentingan terdakwa mendengarkan surat dakwaan di muka persidangan, bukan cuma diberikan," ujar Munarman dalam persidangan yang disiarkan melalui YouTube Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

 

Baca Juga: Ini Alasan Kuasa Hukum Minta Rizieq Shihab Dihadirkan Secara Langsung

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya