Wagub DKI Minta Pasien Sembuh COVID-19 Sumbang Plasma Darah ke PMI

Plasma darah mengandung antibodi yang menetralisir virus

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pasien COVID-19 atau virus corona yang telah dinyatakan sembuh menyumbangkan plasma darah kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Menurut Riza hal tersebut bisa membantu penyembuhan virus corona.

"Kami mengajak kepada seluruh warga yang sudah sembuh dari COVID-19 bersama-sama memberikan plasma konvalesennya kepada PMI DKI untuk membantu pasien yang berada di rumah sakit dan wisma atlet," ujar Riza di Kantor Pusat PMI, Minggu (14/6).

1. Riza Patria yakin keamanan penggunaan plasma darah pasien sembuh

Wagub DKI Minta Pasien Sembuh COVID-19 Sumbang Plasma Darah ke PMIIlustrasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay)

Riza meyakini penggunaan plasma darah pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh aman dilakukan. Sebab, menurutnya para dokter dan PMI sudah punya pengalaman puluhan tahun dan memahami serta didukung prosedur yang baik.

"Selama ini PMI DKI bekerja secara profesional dan soal ini, sudah mendapatkan sertifikat CPOB. Jadi ini sangat baik, jadi pasien tidak perlu khawatir karena semuanya melalui proses. Tidak hanya yang cermat, teliti, tapi higienis," ujarnya.

Baca Juga: [UPDATE] 8.863 Orang di Jakarta Positif COVID-19

2. Plasma darah mengandung antibodi yang bisa menetralisir virus

Wagub DKI Minta Pasien Sembuh COVID-19 Sumbang Plasma Darah ke PMIKepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Diberitakan sebelumnya, Direktur Lembaga Biomolekuler Eijkman Amin Soebandrio menjelaskan plasma darah pasien positif diambil kira-kira 2-4 minggu setelah mereka sembuh. Menurutnya plasma darah mengandung antibodi yang bisa menetralisir virus.

"Ini diharapkan akan bisa membantu mereka yang sedang dalam perjuangan antara mati dan hidup (yaitu) Pasien-pasien yang dalam kondisi berat," jelasnya pada saat acara penandatanganan kerja sama antara Eijkman dengan PMI pada Rabu (15/4).

3. Masyarakat diajak mendonorkan darah ke PMI

Wagub DKI Minta Pasien Sembuh COVID-19 Sumbang Plasma Darah ke PMIWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan peninjauan PSBB di sejumlah check point (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain itu, Ketua DPP Partai Gerindra ini juga mengajak masyarakat Jakarta mendonorkan darah. Menurutnya warga tak perlu khawatir dengan virus corona sehingga takut mendonorkan darahnya.

"Di masa transisi ini kami minta seluruh warga DKI berbondong-bondong datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya," ujar Riza.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Sembuh di DKI dan Jatim Diminta Donorkan Plasma Darah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya