Comscore Tracker

Yuk, Berwisata dengan Kereta MRT Selama Libur Lebaran 2019

Simak cara mengikuti paket wisatanya ya, guys

Jakarta, IDN Times - PT MRT Jakarta mengeluarkan tiket khusus bagi pengguna angkutan kereta cepat Moda Raya Terpadu (MRT) pada Idul Fitri 1440 H. Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin mengatakan tiket khusus wisata ini sudah mulai dijual pada Selasa (4/6) hingga Minggu (9/6) mendatang.

"Tiket wisata ini untuk memudahkan penumpang yang ingin mencoba MRT saat libur Lebaran nanti," kata Kamal pada Selasa (4/6). 

Tiket ini bisa diperoleh di loket khusus yang hanya tersedia di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pembelian tiket bisa dilakukan perorangan maupun berkelompok.

"Nanti pasti banyak penumpang dari luar daerah yang tidak biasa menggunakan kereta bisa langsung membeli tiket ini bisa rombongan bisa individu," ujarnya.

Kamal menilai penjulan tiket rombongan ini efektif mengurangi antrean saat hendak memasuki MRT.

"Karena tidak semua orang paham bahwa tiket hanya bisa dipakai satu orang. Lalu kalau sudah sampai harus tap out, tidak boleh (digunakan) bolak-balik. Penjualan tiket rombongan ini juga supaya mengurangi antrean di loket," tutur dia lagi. 

Lalu, berapa harga tiket ini dijual?

1. Harga tiket MRT khusus Lebaran dijual dengan harga Rp14 ribu

Yuk, Berwisata dengan Kereta MRT Selama Libur Lebaran 2019IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Division Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin mengatakan harga tiket ketika Lebaran dijual dengan harga normal yakni Rp14 ribu untuk sekali perjalanan. Kendati begitu, Kamaluddin meminta publik tak perlu khawatir akan lama antre, sebab pihak MRT sudah menyediakan tiket perjalanan dari Lebak Bulus menuju ke Bunderan HI, sehingga pengunjung bisa langsung membeli. 

"Kalau sekarang, kan kita kalau mau beli tiket ke Lebak Bulus misalnya petugas harus enter tiket dulu ke Lebak Bulus. Kan proses seperti ini membutuhkan waktu sekitar 45 detik, jadi kami mempercepat proses itu," kata Kamaluddin pada (29/5) lalu. 

Baca Juga: Indahnya Buka Puasa Bersama di MRT, Berbagi Kurma dan Salat Berjamaah

2. MRT akan menyediakan tour guide untuk membantu penumpang menggunakan kereta

Yuk, Berwisata dengan Kereta MRT Selama Libur Lebaran 2019IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu, untuk membantu memudahkan bagi pengguna kereta MRT, pihaknya akan menyediakan tour guide untuk pembelian tiket, tapping tiket, hingga penjelasan tata krama selama ada di dalam kereta. Tour guide nantinya juga akan menjelaskan informasi setiap stasiun yang dilewati. 

"Tapi kami tidak menganjurkan jika sudah naik minta turun di tengah tengah (rute). Karena karcisnya kan untuk dari ujung ke ujung (Lebak Bulus ke Bundaran HI). Ini untuk experience dulu dari ujung ke ujung," kata Kamaluddin. 

3. PT MRT memprediksi akan ada lonjakan jumlah pengguna kereta saat akhir pekan

Yuk, Berwisata dengan Kereta MRT Selama Libur Lebaran 2019instagram

PT MRT memprediksi akan ada lonjakan jumlah penumpang yang cukup signifikan selama libur Lebaran. Kamaluddin mengatakan jumlah pengguna transportasi MRT cenderung naik pada hari pertama dan kedua Idul Fitri 2019. Kenaikan juga diprediksi terjadi pada akhir pekan. 

"Biasanya sekitar 40 ribuan saja, akhir pekan bulan puasa. Tapi sekarang cukup tinggi di atas 60 ribuan, untuk hitungan liburan sudah cukup tinggi," kata dia. 

Selama hari Idul Fitri, kereta MRT beroperasi seperti biasanya yakni pukul 05:00 hingga 00:00. 

4. MRT juga menawarkan berbagai hadiah menarik bagi rombongan yang ikut berwisata

Yuk, Berwisata dengan Kereta MRT Selama Libur Lebaran 2019IDN Times/Dini suciatiningrum

Kalian bisa mencoba kereta Ratangga secara individu atau mengikuti rombongan wisata. Bagi kalian yang tertarik, bisa langsung mendaftar ke tautan berikut: http://bit.ly/Pendaftaranrombongan. Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan paket wisata ini bisa diikuti rombongan terbatas yang terdiri dari 4-6 orang. Di dalam rombongan itu, nantinya diberikan pemandu untuk mengenalkan berbagai aspek MRT dimulai dari sejarah pembangunan, fitur hingga manfaat moda transportasi baru di Jakarta. 

"Masyarakat juga dapat melihat bagaimana kehadiran MRT Jakarta mendorong integrasi dengan penyedia transportasi massal lain, seperti TransJakarta," ujar William seperti dikutip dari situs MRT Jakarta. 

Selain itu, PT MRT Jakarta juga menyediakan hadiah-hadiah menarik bagi kalian yang mengikuti paket wisata ini. Hadiah yang ditawarkan berupa voucher restoran, hingga tiket masuk Jakarta Fair bagi peserta wisata. Lumayan kan?

Catat yang jam untuk bisa ikut paket wisatanya selama lima hari ke depan yakni pukul 10:00 - 12:00 dan 14:00 - 16:00 WIB.

Baca Juga: MRT Disebut Mahal, Anies Bandingkan Tarif dengan Ojek Online

Topic:

  • Gregorius Aryodamar P
  • Santi Dewi

Just For You