Anggaran Untuk Penanganan Virus Corona, Menkes: Tidak Ada Nominal

Pemerintah hanya mengaku sudah menyiapkan anggarannya

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan aanggaran untuk penanganan virus corona. Namun, ia menegaskan bahwa tidak ada nominal khusus untuk anggaran tersebut.

"Nominal ya susah malah nanti ada batasnya, gak ada nominal," ujarnya dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3).

Ia juga menegaskan bahwa seluruh biaya terkait virus corona akan ditanggung pemerintah, termasuk perawatan terhadap pasien yang terinfeksi virus corona.

"Anggarannya tadi bapak presiden udah ngomong untuk hal yang seperti ini semua akan di tanggung oleh pemerintah," tegasnya. Sebagai informasi, pemerintah Indonesia telah mengumumkan virus corona sudah terdeteksi di Tanah Air.

Menurut Terawan, virus corona masuk dibawa oleh seorang warga Jepang yang masuk ke Indonesia melalui Malaysia. Warga Negeri Sakura itu rupanya telah tertular virus yang kini disebut COVID-19 tersebut.

Ia kemudian mengonsumsi obat penurun demam sehingga ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta tidak terdeteksi menggunakan alat thermo scanner.

Warga Negeri Sakura itu sempat menemui kerabatnya seorang perempuan (64 tahun) dan anaknya (31 tahun) yang bermukim di Depok. Tidak diketahui status kewarganegaraan dari kerabatnya itu. Kini, tiga orang itu telah diisolasi di RS khusus Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

Dengan pemberitahuan ini, maka membantah persepsi yang menyebut Indonesia kebal dari virus corona. Indonesia sendiri telah dikepung negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara yang sudah lebih dulu terjangkit virus mematikan itu. Bahkan, Filipina dan Thailand masing-masing sudah melaporkan satu pasien yang dirawat meninggal akibat virus corona.

Baca Juga: [BREAKING] RI Kena Virus Corona, Jokowi: Perlu Waspadai, Hati-hati!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya