Comscore Tracker

Ini Harapan Pengusaha untuk Jokowi di Periode II

Salah satu harapan terbesar, soal penyederhanaan perizinan

Jakarta, IDN Times - Joko "Jokowi" Widodo bakal resmi dilantik siang ini sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2019-2024 bersama wakilnya Ma'ruf Amin. Pelantikan ini sekaligus menandakan periode kedua Jokowi sebagai orang nomor satu Indonesia.

Harapan dari banyak pihak disampaikan bagi mantan Wali Kota Solo itu dalam periode keduanya, salah satunya harapan dari para pengusaha. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Jokowi bisa membawa perekonomian Indonesia lebih baik lagi.

Apalagi, saat ini perekonomian dunia tengah bergejolak. Jika pemerintah tidak melakukan upaya serius, maka ketahanan ekonomi dalam negeri bisa terganggu.

"Harusnya bisa membawa Indonesia lebih baik. Apalagi tantangan global juga begitu besar, sehingga dari dalam negeri banyak yang perlu dikerjakan, soal lapangan kerja, dan lainnya. Jadi kita harapkan bisa lebih efektif (kebijakannya)," kata Hariyadi kepada IDN Times, Minggu (20/10).

Ihwal kebijakan, Hariyadi juga berharap perizinan bisa semakin disederhanakan. Dia optimistis hal itu bakal membantu pemerintah dan dunia usaha dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hariyadi juga menaruh harapan besar terhadap upaya penyederhanaan perizinan usaha lewat omnibus law. Melalui omnibus law ini, diharapkan upaya dalam mendorong kemudahan perizinan akan semakin baik. Sistem ini memungkinkan dibuatnya satu regulasi baru untuk mengamandemen beberapa undang-undang sekaligus.

"Kita sudah sama-sama tahu, regulasi semuanya disederhanakan lewat omnibus law. Sehingga, memudahkan masyarakat dan pelaku usaha dalam menjalankan kegiatannya. Itu pandangan yang bagus. Kita harapkan (kebijakan) itu bisa selesai," ungkapnya.

Jokowi-Ma'ruf akan dilantik menjadi Presiden-Wakil Presiden RI hari ini, Minggu (20/10) pukul 14.30 WIB di Gedung MPR RI. Pelantikan ini menandai dimulainya pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua 2019-2024.

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You