Kurangi Dampak Pemanasan Global, Grab Luncurkan Carbon Offsetting

Gandeng BenihBaik.com dan WRI Indonesia

Jakarta, IDN Times - Grab Indonesia berkolaborasi bersama BenihBaik.com dan WRI Indonesia untuk meluncurkan dan memulai inisiatif Carbon Offsetting. Inisiatif ini merupakan bagian dari program berkelanjutan #LangkahHijau dari Grab yang akan terdiri dari fiturcarbon calculator, crowdfunding, dan program media sosial.

Lewat upaya ini, Grab berharap dapat terus berkontribusi bagi lingkungan serta mengurangi dampak pemanasan global. Nantinya, akan dilakukan penanaman pohon di sejumlah titik.

Selain itu, Grab Indonesia juga berkomitmen untuk mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

1. Kemenhub dukung langkah Grab Indonesia

Kurangi Dampak Pemanasan Global, Grab Luncurkan Carbon OffsettingIDN Times/ Helmi Shemi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya mendukung upaya yang dilakukan Grab Indonesia dalam mengurangi dampak pemanasan global dan menjaga lingkungan. Dia menyadari upaya penanaman pohon di sepanjang jalan raya dapat menekan polusi udara yang disebabkan oleh gas buang dari kendaraan berbahan bakar fosil.

"Ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan kepedulian untuk menurunkan tingkat polusi udara sehingga dapat menciptakan lingkungan yang asri dan sehat," kata Budi Karya dalam peluncuran yang ditayangkan secara virtual, Sabtu (28/11/2020).

Pada kesempatan kali ini, lanjut Budi, Kementerian Perhubungan mengapresiasi program dari Grab Indonesia yang mengajak pengguna layanan transportasi online untuk berdonasi (crowdfunding) dan menyebarkan ajakan tentang inisiatif #LangkahHijau di media sosial masing-masing.

"Kami berharap atas hasil donasi yang akan digunakan untuk penanaman pohon di taman dan hutan dapat membantu mengurangi jejak emisi karbon yang dikeluarkan dalam aktivitas kita sehari-hari," tambah dia.

Baca Juga: Grab Bikin Pusat UMKM, Sederet Menteri Harap Bisa Pulihkan Ekonomi

2. Grab Indonesia ajak masyarakat berkontribusi jaga lingkungan dan kurangi dampak pemanasan global

Kurangi Dampak Pemanasan Global, Grab Luncurkan Carbon OffsettingIlustrasi logo grab (Dok. ANTARA News)

Sementara itu, President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengajak masyarakat untuk bergabung dalam inisiatif yang dilakukan oleh Grab dalam menjaga lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global.

Grab, kata Ridzki, tidak hanya melakukan inisiatif lewat penanaman pohon, tapi juga melakukannya dengan meluncurkan moda transportasi ramah lingkungan seperti GrabCar Elektrik, GrabBike Elektrik, hingga GrabWheels.

"Kami senantiasa mencari cara untuk dapat terus mendukung upaya setiap pihak dalam memerangi isu global ini. Sebagai perusahaan, kami punya tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam hal ini, sejalan dengan misi GrabForGood," ucap dia.

"Oleh karena itu, bersama BenihBaik.com dan WRI Indonesia, inisiatif Carbon Offsetting akan menjadi bentuk nyata komitmen dan tanggung jawab kami. Kami juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dalam inisiatif ini dalam rangka menciptakan dunia yang lebih baik," tambahnya.

Direktur WRI Indonesia, Nirarta Samadhi mengatakan bahwa saat ini adalah momentum yang tepat untuk terus mendorong aksi-aksi iklim yang strategis, termasuk di Indonesia. Dia berharap inisiatif tersebut dapat mendukung pemerintah dalam menanggulangi permasalahan polusi udara yang kian meningkat.

"Inisiatif ini juga sejalan dengan upaya penurunan emisi gas rumah kaca, untuk mencegah semakin buruknya dampak krisis iklim dan membangun Indonesia yang lebih baik.” ujarnya.

3. Donasi Carbon Offsetting demi bumi lebih baik

Kurangi Dampak Pemanasan Global, Grab Luncurkan Carbon OffsettingGrab Indonesia ajak masyarakat berdonasi dalam Carbon Offsetting untuk menekan dampak pemanasan global. (Dok. Grab Indonesia)

Pengguna Grab dapat menghitung sendiri donasi carbon offsetting mereka. Grab mengajak seluruh masyarakat untuk memahami jejak karbon yang mereka hasilkan dengan sistem carbon calculator di widget donasi yang ada dalam Grab.

Nantinya, jejak karbon tersebut akan dikonversi menjadi bentuk donasi yang akan disalurkan melalui BenihBaik.com kepada mitra penanaman pohon yang difasilitasi WRI Indonesia. Grab menargetkan terkumpul donasi Rp500 juta dari pengguna yang akan digunakan untuk penanaman pohon.

Pengguna Grab Indonesia dapat berpartisipasi dalam crowdfunding melalui widget donasi #LangkahHijau dalam aplikasi Grab. Widget ini akan terintegrasi ke halaman khusus BenihBaik.com agar pengguna dapat melakukan donasi.

Selain melalui donasi langsung, seluruh masyarakat juga dapat melakukan donasi melalui media sosial. Masyarakat dapat melakukan posting di Twitter dengan tagar #LangkahHijau danmention ke akun resmi@GrabID sebanyak mungkin.

Setiap posting akan dikonversi menjadi donasi sebesar Rp1.000 dari Grab yang akan dikumpulkan hingga bernilai maksimal Rp100 juta, yang juga akan digabungkan dengan donasi dari pengguna aplikasi Grab.

Keseluruhan donasi senilai Rp500 juta yang dihasilkan melalui inisiatif Grab Carbon Offsetting ini, akan diwujudkan untuk penanaman pohon di taman kota dan lokasi lainnya yang akan diimplementasikan di tahun 2021. Saat ini, sudah ada tiga organisasi yang menjadi mitra penanaman pohon hasil donasi pengguna aplikasi Grab yaitu Carbon Ethics (DKI Jakarta), Forum Konservasi Leuser (Aceh), dan Mitra Asri (Jambi) dan terbuka untuk bertambah di masa depan.

Baca Juga: Pemanasan Global, Kota Banda Aceh Diprediksi Akan Tenggelam

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya