Vaksinasi Segera Dimulai, Airlangga Ingatkan COVID-19 Tetap Mengintai

Masyarakat harus tetap jaga kedisiplinan

Jakarta, IDN Times - Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, program vaksinasi akan segera dimulai. Meski begitu, dia mengingatkan bahwa pandemik virus corona (COVID-19) masih terus berlangsung.

"Dengan vaksinasi disiplin tetap perlu, karena Covid ini masih ada di global. Jadi pandemi global ini belum berkahir," ujarnya seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/1/2020).

Baca Juga: Airlangga Optimistis Pemulihan Ekonomi 2021: Waktunya Kembali Bekerja

1. Program vaksinasi rencananya bakal dimulai minggu depan

Vaksinasi Segera Dimulai, Airlangga Ingatkan COVID-19 Tetap MengintaiIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan bahwa program vaksinasi rencananya akan segera dimulai paling cepat minggu depan. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong peningkatan pengawasan, baik dengan pelacakan maupun isolasi.

"Pemerintah akan segera memulai untuk melakukan vaksinasi yang dijadwalkan sekitar pertengahan bulan atau minggu depan, dan ini tentu menunggu daripada emergency use authorisation daripada Badan POM dan juga terkait dengan kehalalan," jelas dia.

2. Program vaksinasi tidak mudah

Vaksinasi Segera Dimulai, Airlangga Ingatkan COVID-19 Tetap MengintaiIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menyampaikan bahwa proses vaksinasi tidak mudah. Kementerian Kesehatan pun menargetkan vaksinasi rampung dilakukan dalam waktu 15 bulan.

"Tentunya vaksinasi untuk 182 juta penduduk itu memerlukan waktu yang sudah disampaikan oleh Pak Menteri Kesehatan, dan tentu diharapkan vaksinasi ini dapat meningkatkan masyarakat, namun tidak boleh melupakan kedisiplinan," kata dia.

3. Presiden minta masyarakat tetap jaga kedisiplinan

Vaksinasi Segera Dimulai, Airlangga Ingatkan COVID-19 Tetap MengintaiWarga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Airlangga menambahkan, Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kedisiplinan. Sehingga ke depannya pemulihan kesehatan dan ekonomi berjalan dengan baik 

"Bapak Presiden tentu berharap bahwa kegiatan vaksinasi maupun kedisiplinan masyarakat itu harus berjalan seiring, karena seluruhnya itu dengan vaksinasi kedisiplinan masyarakat itu harus tetap dijaga," ujarnya.

Baca Juga: Dinkes Tangsel Jadwalkan Vaksin COVID-19 pada 14 Januari 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya