WHO: Penyebaran Virus Corona 1.320 Kasus di 10 Negara

Ombudsman mendesak pemerintah membuat aturan

Jakarta, IDN Times - Kasus virus Corona di sejumlah negara terus meningkat. Data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mencatat sudah terjadi 1.320 kasus virus Corona di 10 negara. Beberapa di antaranya adalah Amerika Serikat dan Prancis.

Data tersebut per 25 Januari 2020. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.297 kasus berada di Tiongkok dan 41 orang meninggal dunia karena penyakit tersebut. Demikian dikutip dari Antara, Minggu (26/1). 

1. Jepang hingga Australia telah melaporkan kasus penyebaran virus Corona tersebut ke pihak terkait

WHO: Penyebaran Virus Corona 1.320 Kasus di 10 Negara(Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Laporan WHO juga menyebutkan negara yang telah melaporkan kasus virus Corona adalah Thailand sebanyak empat kasus, Jepang tiga kasus, Singapura tiga kasus, Australia tiga kasus, Prancis tiga kasus, Korea Selatan dua kasus, Vietnam dua kasus, Amerika Serikat dua kasus, dan Nepal satu kasus.

Kasus ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi, yakni 474 kejadian dibandingkan hari sebelumnya. Angka kematiannya juga meningkat hampir dua kali lipat dari laporan per Jumat (24/1) sebanyak 25 orang meninggal.

Untuk kasus di Tiongkok, termasuk kasus penyakit di Hong Kong lima kasus, Macau dua kasus, dan Taipei tiga kasus. Kasus virus Corona di Tiongkok terjadi di 20 provinsi, dan kabupaten-kota di luar Hong Kong, Macau, dan Taipei. Dari 1.287 kasus virus Corona yang terjadi di Tiongkok, sebanyak 237 kasus dilaporkan mengalami gangguan kesehatan yang serius.

Baca Juga: Klarifikasi Lion Air Bawa Turis Tiongkok Terindikasi Virus Corona

2. Sebanyak 21 orang dari 23 kasus virus Corona yang terjadi di luar Tiongkok memiliki riwayat bepergian ke Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok

WHO: Penyebaran Virus Corona 1.320 Kasus di 10 Negara(Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Dari laporan tersebut, tercatat kasus virus Corona yang terjadi di Australia memiliki riwayat kontak langsung dengan mereka yang positif terjangkit. 

Sementara, satu orang yang berada di Vietnam dan sudah dinyatakan positif terjangkit, tidak memiliki riwayat bepergian ke Tiongkok. Namun, orang tersebut tinggal bersama anggota keluarga yang terjangkit Corona.

3. Ombudsman mendesak pemerintah membuat aturan soal tenaga kerja asal Tiongkok

WHO: Penyebaran Virus Corona 1.320 Kasus di 10 Negara(Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Anggota Ombudsman Republik Indonesia La Ode Ida mengatakan, wabah virus Corona menjadi peringatan bagi pemerintah Indonesia agar lebih memperketat lagi aturan bagi pekerja asal virus itu berada, Tiongkok. 

"Perlindungan terhadap nyawa warga negara Indonesia lebih diutamakan ketimbang investasi yang katanya banyak menyerap tenaga kerja," ujar dia.

Ida mengimbau pemerintah agar segera mengeluarkan larangan terkait masuk nya warga asal Tiongkok, baik untuk bekerja maupun berwisata. Sementara, bagi warga negara Negeri Tirai Bambu yang sudah terlanjur berada di Indonesia, bisa dilakukan pendataan.

"Dan dilakukan pemeriksaan khusus guna memastikan mereka terbebas dari virus mematikan itu," ujar dia. 

Baca Juga: Data Terbaru Virus Corona: 56 Jiwa Meninggal, 2.000 Orang Tertular

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya