Harapan Millennials di 2021: Kuliah Tatap Muka hingga Vaksin COVID-19

Millennials berharap pemerintah gencar sosialisasikan vaksin

Jakarta, IDN Times – Momentum pergantian tahun menorehkan harapan baru bagi masyarakat Indonesia, terlebih sepanjang 2020 pandemik COVID-19 mencengkram kehidupan manusia di berbagai belahan dunia. Kaum millennials termasuk di antaranya yang berharap kondisi bisa kembali normal, apa lagi saat ini vaksin COVID-19 sudah datang.

Banyak harapan dari millennials di tahun 2021 ini, mulai dari berakhirnya pandemik, pendidikan tatap muka kembali dilakukan, perekonomian kembali seperti semula, hingga keberlangsungan hidup masyarakat luas. Mereka berharap banyak pada pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko 'Jokowi' Widodo yang baru saja melantik enam menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju.

Apa saja harapan millennials di 2021 ini? 

1. Millennials ingin sistem pembelajaran tatap muka kembali efektif di 2021

Harapan Millennials di 2021: Kuliah Tatap Muka hingga Vaksin COVID-19Ilustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Salah satu mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Salsabila Nur mengatakan, pandemik telah banyak mempengaruhi sistem pendidikan. Hampir sepanjang 2020, dia mengikuti anjuran pemerintah untuk belajar dengan sistem online dari rumah.

Dia berharap pandemik segera berakhir di 2021 karena sudah tak sabar untuk kembali kuliah tatap muka.

“Semoga bisa segera bisa sekolah atau kuliah offline lagi untuk sistem pembelajaran yang lebih efektif, gak adil kalau cuma tempat-tempat wisata yang boleh dibuka tapi sarana pendidikan masih ditutup,” kata Salsabila kepada IDN Times, Jumat (1/1/2021).

Baca Juga: Riset: Uang Saku Berkurang, Mahasiswa Malah Boros Kuota Internet

2. Berharap pemerintah bisa memberi vaksin COVID-19 secara merata ke masyarakat

Harapan Millennials di 2021: Kuliah Tatap Muka hingga Vaksin COVID-19Ilustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Kabar datangnya vaksin COVID-19 ke Indonesia menjadi harapan paling besar bagi kaum millennial, mengingat masih tingginya kasus baru di beberapa wilayah Indonesia.

Mahasiswi STIE Kesatuan Bogor, Virgie mengaku tak sabar menunggu kesempatan untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Menurut dia selama ini program pencegahan COVID-19 yang dilakukan pemerintah sudah baik tinggal bagaimana masyarakat mau menerapkannya ke depannya, meski vaksin sudah tersedia.

“Semoga di tahun 2021 vaksinasi COVID-19 bisa benar-benar berjalan lancar dan berguna. Semoga pandemik ini cepat berakhir,” kata Virgie.

Sementara, Ketua BEM PoliMedia 2021, Farrel Juanito berharap pemerintah bisa lebih gencar mensosialisasikan vaksin COVID-19 yang akan mulai disuntikkan pada pertengahan Januari 2021. 

“Vaksin bisa lebih disosialisasikan ke masyarakat agar lebih percaya sama pemerintah, seberapa amankah? Kalau gratis bagaimana sistemnya? Kalau berbayar dan mahal apa boleh ditolak? Indonesia bisa bernapas lega karena ada vaksin, tapi belum bisa tenang dengan pemerataan vaksinnya” kata dia. 

3. Harapan besar millennial pada reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi

Harapan Millennials di 2021: Kuliah Tatap Muka hingga Vaksin COVID-19Presiden Jokowi menyalami Menparekraf Sandiaga Uno Saat Pelantikan Menteri Baru di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain harapan pada kehidupan normal tanpa COVID-19, ada juga millennial yang berharap agar pilihan Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat. Seperti diketahui, banyak masyarakat yang kecewa setelah mantan Menteri Sosial ditangkap KPK karena terjerat kasus dugaan korupsi bantuan sosial COVID-19.

“Saya berharap apa yang dilakuin Pak Jokowi yaitu me-resuffle kabinetnya itu benar, semoga gak ada menteri yang korupsi, Menteri Kesehatan yang 'lari', dan lainnya,” tutur mahasiswa asal Jakarta, Rivanto.

Selain untuk seluruh menteri yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu, ada satu harapan besar yang datang dari mahasiswa untuk Sandiaga Uno yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatid. Mahasiswa berharap Sandiaga lebih memperhatikan sektor kreatif terutama di bidang pendidikannya seperti saat masih ada Bekraf.

“Harapan saya untuk Pak Sandiaga Uno sebagai Menteri Parekraf baru, semoga bisa lebih memperhatikan sektor kreatif terutama di bagian SDM pendidikannya dan lebih mengembangkannya lebih dari pada zaman saat ada Bekraf dulu” kata Ketua BEM PoliMedia 2020, Ifan Ahmad Maulana.

Bagaimana teman-teman millennials, apa harapan besar kalian di tahun 2021 ini?

Baca Juga: Lagi Hit, Sandiaga Uno Tantang Daerah Buat Jaket Biru ala Istana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya