Comscore Tracker

Polisi Ungkap Identitas Anggota KKB yang Tertembak di Mimika

Fery Ellas memiliki sejumlah catatan kriminal

Jakarta, IDN Times - Kepoisian mengumumkan identitas salah seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), yang tewas tertembak saat terjadi kontak senjata dengan aparat di Mile 53 Minggu, 28 Februari 2021.

Dia diduga anggota KKB dari Kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak yang tewas pada 1 Maret 2021, bernama Feri Elas (35) yang diduga sebagai Komandan Peleton Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Kodap III.

"Korban anggota KKB Fery Ellas dalam catatan kriminal kepolisian berperan ikut dalam deklarasi penggabungan KKB se-Pegunungan Tengah 1 Agustus 2019 di Ilaga, serta terlibat perampasan HP masyarakat sipil di Kabupaten Puncak Ilaga pada Agustus 2019 dan ikut KKB gabungan melaksanakan gangguan keamanan di Tembagapura 2020," kata Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP IGG Era Adhinata dalam keterangan tertulis di Timika, seperti dilansir ANTARA, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Anggota TNI Korban Penembakan KKB di Intan Jaya Dievakuasi ke Timika

1. Pemeriksaan barang bukti korban tunjukkan identitas Fery Ellas

Polisi Ungkap Identitas Anggota KKB yang Tertembak di Mimika(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding

Sesuai hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), Polres Mimika menemukan sejumlah barang bukti yang mendukung penuh identitas korban sebagai Fery Ellas. Berdasarkan hasil temuan barang bukti dan pencocokan wajah, ada kemiripan antara korban dengan Fery Ellas yang databasenya tercatat di tim operasi gabungan TNI/Polri. Atribut yang dikenakan korban saat itu hingga identitas gambar juga menunjukkan kemiripan dengan Fery Ellas.

"Bahkan barang bukti lain berupa satu HP yang ditemukan berisi foto-foto Fery Ellas yang setelah dilakukan investigasi, ada persesuaian dengan korban yang ditemukan di TKP, baik pakaian yang digunakan, jam, kalung, anting, postur tubuh dan wajah," ungkap Era.

2. Fery Ellas tercatat beberapa kali melakukan kejahatan

Polisi Ungkap Identitas Anggota KKB yang Tertembak di MimikaIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Melalui hasil penyelidikan dari catatan kriminal, Ferry Ellas tercatat telah beberapa kali melakukan tindak kejahatan, antara lain keterlibatan dalam penyanderaan guru dan tindak pencurian HP korban di kampung Jagamin pada 22 Februari 2020.

Selain itu, Ferry juga diklaim ikut serta dalam penembakan Pos Pam TNI/Polri di Opitawak pada Maret 2020.

3. Peristiwa penembakan terjadi pada Minggu pagi di Mile 53

Polisi Ungkap Identitas Anggota KKB yang Tertembak di MimikaIlustrasi Penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Mimika, Papua AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, anggota KKB dari Kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak tertembak saat terjadi kontak tembak dengan aparat di Mimika pada Minggu, 28 Februari 2021.

Hal ini terjadi saat Kapolres sedang patroli di area PT Freeport Indonesia, lalu ditembaki KBB yang diperkirakan berjumlah 5-6 orang, yang menggunakan senjata api M-16 dan AK-47. Anggota kepolisian melakukan serangan balik secara terarah dan mengenai salah satu dari anggota KKB.

"Informasi dari lapangan yang kami dapatkan, saat kontak tembak terjadi, satu anggota KKB terkena, beberapa lainnya tertembak di kaki. Namun mengingat lokasinya berjauhan yaitu di seberang kali, maka saat ini anggota kami lagi berupaya untuk mencapai ke lokasi itu," kata Era.

Baca Juga: 2 Anggota Polisi Ditangkap karena Jual Senjata ke KKB 

Topic:

  • Hani Rosiyani
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya