Profil Petrus Reinhard Golose, Kapolda Bali yang Kini Jadi Kepala BNN

Petrus pernah mendapat kenaikan pangkat luar biasa

Jakarta, IDN Times - Selain melantik enam menteri dan lima wakil menteri, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga melantik Irjen Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) hari ini, Rabu (22/12/2020).

Petrus sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bali dari tahun 2016-2020. Nama Petrus populer saat ia berhasil menangkap otak teroris, Dr Azahari, di Batu, Malang, Jawa Timur.

Berikut profil Kepala Badan Narkotika Nasional Petrus Reinhard Golose.

Baca Juga: Jadi Kepala BNN, Kekayaan Irjen Petrus Reinhard Golose Rp15,7 Miliar

1. Merupakan polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa

Profil Petrus Reinhard Golose, Kapolda Bali yang Kini Jadi Kepala BNNKapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose (IDN Times/Ayu Afria)

Petrus Reinhard Golose lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 27 November 1962 dan sekarang telah menginjak usia 55 tahun. Ia merupakan seorang perwira tinggi polri dan sejak 6 November 2020 mengemban amanat sebagai perwira tinggi Bareskrim Polri.

Petrus juga merupakan polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Bareskrim. Pangkat luar biasa itu diperoleh saat menjadi Densus 88 Antiteror dan berhasil melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Malang pada 9 November 2005.

Pendidikan yang ditempuh Petrus pun sangat panjang mulai dari AKABRI (1988), PTIK (1998), SESPIM (2002), SESPIMTI (2015), dan LEMHANNAS.

Dari hasil pendidikannya itulah ia mendapatkan banyak penghargaan. Tak lupa ia juga turut serta sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian PBB (UN CIVPOL) di Kamboja-UNTAC (1993) dan Bosnia (2000—2001).

Petrus juga aktif sebagai pembicara di seminar yang berkaitan dengan money laundry, cybercrime, pemberantasan narkoba, dan teroris di dalam dan luar negeri.

2. Rekor terlama menjabat Kapolda Bali

Profil Petrus Reinhard Golose, Kapolda Bali yang Kini Jadi Kepala BNNIlustrasi anggota pasukan Densus 88 Antiteror (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Petrus menduduki posisi jabatan kapolda paling lama yaitu empat tahun, menjadi Kapolda Bali. Selama kariernya, Petrus menangani kasus peretasan (hacking) di Indonesia yang telah memiliki kekuatan hukum tetap yaitu hacking website KPU dan hacking website Partai Golkar.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, Petrus memegang jabatan Kapolda Bali selama 4 tahun yang terbilang lama.

"Kapolda Bali ini memegang rekor terlama yaitu mencapai empat tahun dan belum juga dimutasi atau dipromosi," tutur Neta. 

Selain membantu meringkus kriminal kelas kakap, Petrus juga menjadi personel kepolisian yang turut serta berkontribusi melahirkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

3. Dilantik bersama 6 menteri dan 5 wakil menteri hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Profil Petrus Reinhard Golose, Kapolda Bali yang Kini Jadi Kepala BNNPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Petrus Reinhard Golose dilantik bersama enam menteri dan 5 wakil menteri pada Rabu (23/12/2020) pukul 09.30 WIB di Istana Negara, Jakarta. 

Berikut enam menteri baru yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

Berikut lima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
4. Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya