Pesta Pemilu, Semangat di Tengah Rintik Hujan Jakarta Utara

#GenZMemilih Hujan mengguyur, semangat memilih tak luntur

Jakarta, IDN Times - Tanggal 14 Februari 2024 menandai ajang pemilihan presiden untuk periode 2024-2029. Bersamaan dengan perayaan hari kasih sayang di tengah hiruk pikuk Jakarta, peristiwa pemilu kali ini dihiasi dengan rintikan air hujan yang teduh. Namun, hal ini tidak menghentikan antusiasme masyarakat untuk turut memilih paslon capres dan cawapres favorit masing-masing menggunakan hak suara mereka.

Meskipun terdapat banyak genangan, TPS 162 di Jakarta Utara yang berlokasi di Jalan Agung Barat No. 8 dihadiri oleh banyak pemilih. Para pemilih pun rela menerjang hujan dengan membawa payung dan identitas diri yang dibutuhkan. Suasana teduh menyelimuti TPS yang dibasuh tipis-tipis dengan gerimis.

Memperingati pemilu, warga libur sejenak dari aktivitas harian untuk menggunakan hak suaranya. Bersama dengan antusiasme para pemilih, petugas KPPS pun membantu memfasilitasi kebutuhan. Tak terkecuali untuk mereka yang baru pertama kali memilih.

“Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan Adik-adik, harap beri tahu kalau ada surat suara yang sudah tercoblos atau belum ditandatangani oleh KPPS. Mohon beritahu kami agar diganti dengan yang baru dan pemilu bisa diadakan dengan jujur,” jelas salah satu panitia di TPS 162. Damai dan syahdu, berikut suasana pemilu di TPS 162 Jakarta Utara.

1. Antrean TPS 162 di Jakarta Utara berjalan teratur

Pesta Pemilu, Semangat di Tengah Rintik Hujan Jakarta Utarasuasana TPS 162 di Jakarta Utara (dok. pribadi/Hani Safanja)

Di TPS 162, setidaknya ada empat bilik suara untuk para pemilih. Secara bergantian, terdapat beberapa orang yang harus mengantre dan tidak mendapatkan tempat duduk. Namun, mereka tetap menunggu dengan sabar dan teratur.

Tak sedikit pemilih yang membawa payung sendiri untuk melindungi diri dari rintik hujan. Sembari menunggu antrean, panitia pun turut mencatat administrasi dan memanggil nama para pemilih secara bergantian. Kompak, panitia dan pemilih saling menghormati dan menunggu giliran.

Baca Juga: 7 Potret Raffi-Gigi Nyoblos di Pemilu 2024, Naik Motor ke TPS

2. Panitia membantu pemilih memasukkan surat suara ke kotak yang telah disediakan

Pesta Pemilu, Semangat di Tengah Rintik Hujan Jakarta Utarasuasana TPS 162 di Jakarta Utara (dok. pribadi/Hani Safanja)

Panitia lain pun turut membantu para pemilih memasukkan kotak suara mereka. Dibimbing dan dijelaskan, panitia mengarahkan kotak untuk memasukkan kertas calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD, calon angora DPR, dan calon anggota DPRD. Pemilih pun memasukkan suara mereka yang sudah ajeg ke tiap kotak.

Sementara itu, ada pula yang turut membantu para pemilih mengatur jalan keluar dan masuk. Meskipun sibuk, para petugas KPPS tetap ramah melayani para pemilih. Dari hasil wawancara, ternyata petugas KPPS di TPS 162 berjumlah 11 orang.

3. Proses pemilihan berlangsung dengan aman, damai, dan tertib

Pesta Pemilu, Semangat di Tengah Rintik Hujan Jakarta Utarasuasana TPS 162 di Jakarta Utara (dok. pribadi/Hani Safanja)

Sebagai salah satu pemilih, Pemilu 2024 ini merupakan pemilu pertama bagi penulis. Melihat langsung bagaimana partisipasi warga dan panitia menjadi semangat untuk menggunakan hak pilih sebagai bentuk pelaksanaan demokrasi. Meskipun jauh dari asal domisili, pemilihan pemimpin merupakan hal yang penting. Keluarga pun turut antusias dan suportif mengikuti berjalannya pemilu.

Kerja keras para panitia pun turut diapresiasi, mulai dari mengawal berjalannya acara, memandu para pemilih, dan menyediakan fasilitas pemilih. Mereka turut menginginkan berjalannya pemilu yang berasaskan LUBER JURDIL untuk semua pihak. Untuk itu, antusiasme para panitia juga perlu diapresiasi.

Semangat masyarakat dan para panitia pun tidak luntur meskipun hujan sempat membasuh TPS. Sejauh saya memberi surat suara, pun tidak ada kendala dan masalah dari para pemilih. Setiap pemilih pun memberikan apresiasi kepada para panitia yang ramah dan menghibur. Di masa depan, semoga pelaksanaan Pemilu terus berjalan dengan lancar dan damai, ya! Yuk, gunakan suara kita dengan bijak!

Baca Juga: Pemilu Rasa Reuni di TPS Jagakarsa, Warga: Seperti Lebaran

Hani Safanja Photo Verified Writer Hani Safanja

Progress over perfection

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya