8 Hal yang Akan Dilakukan Ahok Setelah Bebas 

Dari yang senang-senang sampai hal serius, apa saja ya?

Jakarta, IDN Times – Basuki Tjahaja Purnama (BTP) resmi bebas dari hukuman pidana penjara setelah vonis kasus penistaan agama yang dijatuhkan kepadanya. BTP yang menjalani masa hukuman selama 1 tahun 8 bulan 15 hari diketahui sudah keluar dari Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob), Kelapa Dua, Depok pada Kamis (24/1) pukul 07.30 WIB.

Dirangkum dari berbagai sumber, BTP memiliki sejumlah pilihan yang akan dilakukannya setelah bebas, apa saja?

1. Bertemu keluarga terlebih dahulu

Dalam foto yang diunggah adik BTP, Fifi Lety Tjahaja Purnama, ia tampak duduk bersama anak BTP, Nicholas Sean Purnama. Selain itu dalam wawancaranya dengan media, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Mardudi mengatakan BTP akan bertemu keluarga terlebih dahulu.  

2. Bersenang-senang dan liburan ke berbagai tempat

8 Hal yang Akan Dilakukan Ahok Setelah Bebas japantimes.co.jp

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan BTP akan pergi berlibur terlebih dahulu. Beberapa tempat yang disebut akan dikunjungi BTP adalah Bali, Belitung dan Jepang.

Baca Juga: Kalapas Cipinang: Sudah Bebas, Ahok Langsung Kembali ke Keluarganya

3. Menjadi pembicara di 15 negara dan wilayah di Indonesia

8 Hal yang Akan Dilakukan Ahok Setelah Bebas Instagram/@basukibtp

Selain itu BTP diketahui juga akan berbagi cerita pengalamannya. Ahok pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Bupati Belitung Timur, dan anggota DPR.

BTP yang juga disapa Ahok diketahui menerima undangan menjadi pembicara di 15 negara, seperti Jepang, Korea, Inggris, Perancis, hingga negara-negara bagian di Amerika Serikat.

4. Menikah dengan Bripbda Puput

8 Hal yang Akan Dilakukan Ahok Setelah Bebas (Ilustrasi menikah) IDN Times/Sukma Shakti

Kabar BTP akan menikah terdengar pada tahun lalu. Namun kini kabar tersebut semakin dibenarkan oleh berbagai keterangan, salah satunya dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Ahok dikabarkan akan menikah pada 15 Februari 2019.

5. Membuat usaha dan yayasan

8 Hal yang Akan Dilakukan Ahok Setelah Bebas IDN Times/Helmi Shemi

Djarot juga mengungkapkan BTP akan terjun ke dunia bisnis konsultan. Mantan Bupati Belitung Timur ini juga akan membuat yayasan yang disebut bernama BTP Foundation.

Baca Juga: Ahok Bebas: Anak Sulung Menjemput di Mako Brimob

6. Menjadi YouTuber

8 Hal yang Akan Dilakukan Ahok Setelah Bebas YouTube

Belum lama ini dalam postingan di Instagram, Tim BTP memposting "#10yearschallenge 2009 bersama masyarakat belitung, 2019 belum ada foto terbaru.

"Coming soon! Detik-detik BTP bebas, subscribe dan saksikan di akun youtube “Panggil Saya BTP” di tanggal 24 Januari 2019, link akun youtube ada di bio," tulisnya.

Subscriber BTP kini jumlahnya telah mencapai puluhan ribu. BTP pada masa kampanye Pilkada DKI sebelumnya pernah membuat talkshow bernama Ahok Show, Djarot membenarkan BTP akan membuat channel YouTube, kali ini bernama BTP Show.

7. Masuk politik, BTP bisa gabung dengan PDIP

Selain itu kini banyak kabar BTP akan kembali terjun ke dunia politik. Djarot sempat membantah kabar itu dengan menyebut BTP masih akan mengerjakan hal lainnya. Namun ia tidak menutup kemungkinan jika BTP akan kembali ke dunia politik dan bergabung dengan PDIP.

Djarot mengatakan BTP hanya ingin membantu anggota yang ada di akar rumput.

8. Bertemu dengan Ma’ruf Amin

8 Hal yang Akan Dilakukan Ahok Setelah Bebas ANTARA/Jessica Helena Wuysang/ama

Dalam peluncuran buku Kebijakan Ahok Agustus tahun lalu, Djarot mengungkapkan bahwa BTP akan bertemu dengan Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Ma’ruf adalah cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019 dan pernah menjadi saksi memberatkan sekaligus mengeluarkan fatwa bahwa pernyataan BTP menistakan agama.

Kita tunggu saja gebrakan selanjutnya dari Ahok ya, guys!

Baca Juga: Ahok Diam-diam Meninggalkan Mako Brimob, Ahoker Kecele

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya