Anies: Puncak Ketinggian Air di Pintu Air Manggarai Sudah Lewat

Tren ketinggian air mulai menurun

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengunjungi pintu air Manggarai pada Selasa dinihari, sekitar pukul 00.24 WIB. Sebelumnya ia meninjau tempat yang sama pada pukul 20.00 WIB.

"Enggak ada yang nemenin tadi malam. Makin larut makin sedikit yang nemenin," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (6/2).

Apa saja yang ditemukan mantan rektor Universitas Paramadina ini tadi malam?

1. Puncak ketinggian air

Anies: Puncak Ketinggian Air di Pintu Air Manggarai Sudah LewatHumas/Pemprov DKI Jakarta

Tinggi air di Manggarai mencapai puncaknya yakni 900cm pada pukul Selasa (6/2) dini hari pukul 01.00 WIB.

"Tadi malam kita memantau terus dari dekat, tadi pagi kira-kira pukul persisnya 1 dini hari, pintu air Manggarai mencapai puncaknya yakni 900 cm," kata Anies.

Baca juga: Kampung Pulo Dilanda Banjir, Listrik Mati Total

2. Sudah turun pagi ini

Anies: Puncak Ketinggian Air di Pintu Air Manggarai Sudah LewatHumas/Pemprov DKI Jakarta

Ketinggian air sudah turun 5 cm pukul 06.00 WIB dan terus turun hingga saat ini setelah pintu air Ciliwung lama dibuka pukul 02.00 WIB.

"Dan saya tunggu di situ sampai stabil kira-kira jam dua, lalu pintu air Ciliwung lama dibuka jam 2 pagi. Dari 150 cm menjadi 175 cm. Dan alhamdulillah angkanya stabil. Kemudian per jam 6 pagi tadi, itu sudah turun menjadi 895 cm dan saat ini sudah turun lagi menjadi 870 cm. Insyaallah akan turun lagi 860 dan seterusnya," jelas Anies.

3. Berharap segera surut

Anies: Puncak Ketinggian Air di Pintu Air Manggarai Sudah LewatHumas/Pemprov DKI Jakarta

Anies mengungkapkan luapan air Sungai Ciliwung sudah terjadi dan sekarang mulai menurun. Ia pun berharap semua pompa dapat bekerja dengan baik. Jadi, puncak dari luapan air Sungai Ciliwung sudah terjadi. Dan trennya sekarang menurun.

"Mudah-mudahan proses surutnya lebih cepat. Dan seluruh tim kita di 11 titik sepanjang sungai Ciliwung di DKI berjaga hingga saat ini," kata Anies.

Baca juga: Duh! 6 Ribu Warga Jakarta Jadi Korban Banjir

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya