Apa Kabar Tol Trans Jawa yang akan Tersambung Akhir Tahun Ini?

Pemerintah target bisa beroperasi sebelum libur Natal

Jakarta, IDN Times – Pemerintah melalui PT Jasa Marga menargetkan peresmian lima tol Trans Jawa sebelum akhir 2018. Empat dari lima ruas tol tersebut dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui berbagai kelompok usahanya.

Empat ruas ini akan melengkapi jaringan Jalan Tol Trans Jawa dari Merak-Surabaya yang akan tersambung di penghujung tahun ini.

1. Proses yang hampir 100 persen

Apa Kabar Tol Trans Jawa yang akan Tersambung Akhir Tahun Ini?ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Keempat ruas tol yang dimaksud adalah Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Semarang Solo Ruas Salatiga-Kartasura, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Ruas Pasuruan-Grati.

Prauji laik operasi dan laik fungsi keempat jalan tol tersebut dilakukan mengingat sejumlah pekerjaan fisik seluruh jalan tol tersebut sudah hampir mendekati final.

“(Ruas Tol Batang-Semarang) sudah sekitar 99 persen, hampir 100 persen,” ujar Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dalam kunjungannya di Jembatan Kali Kuto sebagai rangkaian kegiatan pra uji laik operasi dan laik fungsi, Jumat (7/12).

2. Dua titik yang belum sepenuhnya selesai

Apa Kabar Tol Trans Jawa yang akan Tersambung Akhir Tahun Ini?ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Desi menerangkan, dari empat ruas tol yang belum diresmikan tersebut, hanya ada dua titik yang belum sepenuhnya selesai dikerjakan. Kedua titik itu adalah di Overpass Gempol di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Ruas Wilangan-Kertosono dan Overpass Ngaliyan di Jalan Tol Batang-Semarang.

“Paling lambat seminggu kalau yang di Ngaliyan. Kalau yang di Wilangan-Kertosono, mungkin masih perlu 10 hari (penyelesaiannya),” ungkapnya.

Desi memastikan keempat ruas tol tersebut dapat beroperasi secara sebelum libur Natal dan tahun baru nanti.

3. Tol Merak-Surabaya yang ditargetkan selesai sebelum libur Natal dan tahun baru

Apa Kabar Tol Trans Jawa yang akan Tersambung Akhir Tahun Ini?Tol Trans Jawa (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Trans Jawa dari Merak hingga Surabaya sepanjang 870 kilometer (km) ditargetkan akan tersambung dan dapat digunakan pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Untuk memastikan kesiapannya, Basuki akan meninjau kesiapan tol Trans Jawa, terutama 4 ruas Tol sepanjang 180 km yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2018 ini. Keempat ruas tol tersebut, yakni Tol Pemalang - Batang (33 km), Batang - Semarang (75 km), Salatiga - Solo (33 km) dan Wilangan - Kertosono (39 km).

“Progres pembangunan ruas tol Pemalang - Batang, Batang - Semarang, Salatiga - Solo sudah mencapai 99 persen. Sementara itu, ruas Wilangan - Kertosono sudah mencapai 95 persen. Tinggal penyelesaian pekerjaan yang kecil-kecil, seperti median concrete barrier. Minggu depan saya akan ke sana," kata Basuki.

Baca Juga: Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans Jawa

4. Janji Jokowi 2 tahun lalu

Apa Kabar Tol Trans Jawa yang akan Tersambung Akhir Tahun Ini?Twitter/@KSPgoid

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Merak di Banten dan Surabaya di Jawa Timur, akan terhubung jalan tol pada 2018 dengan percepatan pengerjaan jalan Trans Jawa.

"Insya Allah 2018 dari Merak-Surabaya sudah harus nyambung tanpa alasan apapun," kata Jokowi ketika meresmikan pengoperasian Jalan Tol Surabaya-Mojokerto di Mojokerto, Sabtu (19/3/2016).

Baca Juga: Tol Trans Jawa, Menteri BUMN: Ini Mimpi Sejak 1996

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya