Comscore Tracker

APBD Sah Rp 77,117 Triliun, Anies Apresiasi Ketua DPRD DKI

Loh kok makin besar dari sebelumnya?

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, setelah pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2018.

"Alhamdulillah, APBD sudah disepakati dan kami terima kasih sekali pada seluruh jajaran dan apresiasi pada Ketua DPRD, pada Ketua Fraksi, Ketua Banggar yang sudah mempermudah masalah ini," sanjung Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (29/11)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini kembali memuji Prasetio. Anies mengaku sempat berkomunikasi dengan politikus PDIP itu pada Senin 27 November, lalu terkait dana untuk perbaikan kolam ikan DPRD DKI yang nilainya mencapai Rp 620 juta.

"Ketika muncul rame-rame soal kolam, lalu dia bilang wis mas iki di-stip aja (Sudah mas ini dihapus saja). Ini saya juga gak tahu munculnya dari mana. Dan ternyata kita tahu dari mana. Pas bicara sama Beliau Senin siang 'ya udah dihapus saja'," beber Anies.

APBD Sah Rp 77,117 Triliun, Anies Apresiasi Ketua DPRD DKIANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI Jakarta menyepakati nilai APBD tahun anggaran 2018 sebesar Rp 77,117,365,231,898. Nilai tersebut naik Rp 6,4 miliar dari Rancangan APBD (RAPBD) yang telah diputuskan dengan nilai Rp 77,110,885,760,609.

Nantinya, TAPD DKI akan meng-input ke dalam sistem e-budgeting. Input akan dilaksanakan pada hari ini. Kemudian, sidang paripurna akan dilakukan besok.

APBD Sah Rp 77,117 Triliun, Anies Apresiasi Ketua DPRD DKIANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Dalam pembahasan anggaran, ada beberapa program yang mengalami pengurangan anggaran. Meski ada penggurangan, APBD DKI tetap meningkat, karena dipindahkan ke pos anggaran lain yang lebih membutuhkan penambahan anggaran.

Salah satu pos yang anggarannya dikurangi adalah kunjungan kerja anggota DPRD DKI. Beberapa alokasi dana hibah juga dievaluasi, misalnya dana hibah untuk Laskar Merah Putih dan DPD DKI Jakarta.

Baca juga: APBD Membengkak, Anies: Saya Malah Bersyukur

Topic:

Berita Terkini Lainnya