Besok, MUI Keluarkan Sikap Resmi Terkait Muslim Uighur

Bagaimana respons pemerintah setelah MUI mengeluarkan sikap?

Jakarta, IDN Times – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengeluarkan pernyataan sikap resmi terkait penindasan etnis Muslim Uighur di Xinjiang, China pada Jumat (21/12). Pernyataan itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) MUI Amirsyah Tambunan.

“MUI akan menyatakan pernyataan resmi pada Jumat,” kata Amir dalam acara diskusi tentang muslim Uighur di Gondangdia, Jakarta, Kamis (20/12).

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin, juga mengkritik pemerintah Indonesia karena tidak aktif bersuara terkait penindasan tersebut.

1. Hubungan bilateral Indonesia-China bisa terganggu

Besok, MUI Keluarkan Sikap Resmi Terkait Muslim UighurIDN Times/Helmi Shemi

Amir menganggap tindakan diskriminatif pemerintah China telah melukai bangsa Indonesia. Ia menyebut tindakan itu akan berpengaruh pada hubungan bilateral kedua negara.

“Hubungan bilateral bisa bermasalah sosial ekonomi politik jika tidak ada upaya tindakan diskriminasi dari pemerintah China. Sebagai anak bangsa menyatakan tindakan itu terkutuk,” ucapnya.

Baca Juga: Siapa Uighur dan Mengapa Tiongkok Diduga Mendiskriminasi Mereka?

2. PBB harus segera ambil sikap, bukan cuma prihatin

Besok, MUI Keluarkan Sikap Resmi Terkait Muslim UighurIDN Times/Helmi Shemi

Amir juga berharap PBB dapat segera mengambil sikap dan tidak hanya menyatakan keprihatinannya.

“Karena secara politik dan aturan undang-undang tidak dibenarkan. Kerena hak beribadah merupakan kebutuhan paling dasar. Itu merupakan HAM yang tidak boleh dilukai,” ujarnya.

3. Ajakan masyarakat menyampaikan aspirasi terkait nasib muslim Uighur

Besok, MUI Keluarkan Sikap Resmi Terkait Muslim UighurIDN Times/Helmi Shemi

Ia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menyampaikan aspirasinya agar pemerintah segera bergerak dalam kasus penindasan mulsim Uighur ini.

“Saya mengajak masyarakat untuk menampilkan aspirasi secara elegean, tertulis, bisa diplomatik, bila perlu turun ke jalan. Ini merupakan ungkapan dari lubuk hari terdalam,” imbaunya.

4. Ungkap apa latar belakang penindasan muslim Uighur

Besok, MUI Keluarkan Sikap Resmi Terkait Muslim UighurREUTERS/Thomas Peters

Terakhir, Amir menyatakan pemerintah China harus membuka latar belakang permasalahan penindasan muslim Uighur agar publik mengetahui kebenarannya.

“Kita sudah sampaikan aspirasi ke pemerintah, ke publik, kita ingin tahu apa akar masalahnya. Apakah etnis atau agama yang berbeda. Harusnya pemerintah China jangan diam supaya tidak memperkeruh situasi politik,” katanya.

Baca Juga: Ramai Soal Uighur, Begini Tanggapan Kedubes Tiongkok di Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya