[CEK FAKTA] Anggaran Pertahanan Gak Kecil-kecil Amat Kok, Pak Jokowi

Wong Indonesia masuk 25 besar dunia kok

Jakarta, IDN Times – Calon Presiden nomor urut 01 Joko ‘Jokowi’ Widodo mengatakan dirinya masih percaya dengan TNI dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia. Meski demikian, mantan Wali Kota Solo ini kemudian menyinggung dana pertahanan Indonesia yang masih lebih kecil jika dibandingkan negara tetangga, sebagaimana disampaikan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat tersebut.

“Kalau tadi bapak (Prabowo) membandingkan kita dengan negara negara tetangga yang memang anggaran kita lebih kecil, tetapi saya masih meyakini bahwa dari informasi intelijen strategis yang masuk pada saya mengatakan bahwa 20 tahun ke depan invasi dari negara lain ke negara kita dapat dikatakan tidak ada. Tetapi, yang perlu dicermati justru keamanan di dalam negeri yang berkaitan dengan konflik,” kata Jokowi dalam debat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Minggu (30/3).

Faktanya, menurut situs Global Fire Power Indonesia menempati posisi ke 25 di dunia dalam biaya pertahanan. Bahkan di tingkat ASEAN, Indonesia hanya kalah dari Singapura yang punya anggaran pertahanan US$ 9,7 miliar. Indonesia sendiri memiliki anggaran sebesar US$ 6,9 miliar.

Sementara anggaran pertahana negara ASEAN lainnya adalah: Malaysia US$ 4,7 miliar, Vietnam US$ 3,3 miliar, Filipina US$ 3 miliar dan Myanmar US$ 2,4 miliar.

[CEK FAKTA] Anggaran Pertahanan Gak Kecil-kecil Amat Kok, Pak JokowiIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: [CEK FAKTA] Jokowi: Anggaran Pertahanan Harus Ada Skala Prioritasnya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya