Detik-detik Hilangnya Pesawat Dimonim Air di Papua

Komunikasi terakhir pukul 14.17 WIT

Jakarta, IDN Times - Pesawat type PAC750XL milik operator PT Marta Buana Abadi (Dimonim Air) yang terbang dari Bandar Udara Tanah Merah di Kabupaten Boven Digoel, Papua, menuju Oksibil di Pegunungan Bintang dilaporkan hilang kontak pada 11 Agustus 2018 sekitar pukul 14.17 WIT.

1. Terbang pukul 13.42 WIT

Detik-detik Hilangnya Pesawat Dimonim Air di Papuahttps://www.bbc.com/news/world-europe-45076060

Pesawat dikemudikan oleh pilot Leslie Sevuve dan kopilot Wayan Sugiarta itu terbang dari Tanah Merah sekitar pukul 13.42 WIT. Pesawat mestinya tiba di Oksibil sekitar pukul 14.20 WIT. "Tanah Merah-Oksibil dapat ditempuh sekitar 45

Baca Juga: [BREAKING] Pesawat Angkut 7 Orang, Hilang Kontak Saat Menuju Oksibil

2. Sebelum hilang melakukan kontak pertama pukul 14.11 WIT

Detik-detik Hilangnya Pesawat Dimonim Air di PapuaUnsplash/ Caleb Woods

Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sindu Rahayu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, mengatakan pesawat dengan nomor registrasi PK-HVQ melakukan kontak pertama (first contact) dengan Tower Oksibil pada Pukul 14.11 WIT.

3. Komunikasi terakhir enam menit setelah kontak pertama

Detik-detik Hilangnya Pesawat Dimonim Air di PapuaUnsplash/Avel Chuklanov

Di lansir dari Antara, Sindu menyebut komunikasi terakhir terjadi pada pukul 14.17 WIT, di mana pesawat PK-HVQ melaporkan posisi "overhead" ketinggian 7.000 kaki.

"Setelah komunikasi terakhir dengan PK-HVQ, Tower Oksibil mengambil tindakan dengan menghubungi Unit ARO Sentani pada Pukul 15.10 WIT dan berita alert phase ALERFA langsung dikirimkan," katanya.

4. Cuaca yang tertutup awan

Detik-detik Hilangnya Pesawat Dimonim Air di PapuaUnsplash/ Nikola Ancevski

Saat itu kondisi cuaca diinformasikan sebagai berikut: angin 110 derajat sembilan knots, tingkat penglihatan satu sampai dua kilometer, ke arah Iwur, "area right base" , area "left bese" tertutup awan, "cloud base" 4.700, kaki.

Sindu mengatakan upaya pencarian pesawat PK-HVQ juga dilakukan dengan cross check trafic ke Tower Tanah Merah, Dekai, Sentani dan Wamena sampai dengan pukul 15.35 WIT.

"Pukul 15.46 WIT Distress phase (DETRESFA) progres tentang keberadaan pesawat belum mendapatkan titik terang," ujar Sindu.

5. Petugas membentuk posko pencarian dan penyelamatan

Detik-detik Hilangnya Pesawat Dimonim Air di PapuaUnsplash/Ridho A Ibrahim

Kantor Otoritas Bandara Wilayah X Merauke telah berkoordinasi dengan perwakilan KNKT di Sentani dan Kantor SAR terkait kejadian ini dan segera membentuk Posko bersama untuk melakukan pencarian dan penyelamatan.

Informasi pesawat, tipe PAC 750XL, ketinggian 7.000 kaki, estimasi ketibaan 05.20 WIT, rute Wakt-Wajo, kru dua (Pilot Leslei dan Co. Pilot Wayan), tujuh penumpang, bagasi 45 kilogram, waktu penerbangan 40 menit.

Baca Juga: Anak Sakit Kanker Ditolak Naik Pesawat, Ini Kronologi Versi Batik Air

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya