Comscore Tracker

Garuda Indonesia Turunkan Tiket Pesawat 20 Persen

Siap terbang dan jalan-jalan lagi guys

Jakarta, IDN Times – Di tengah ramainya isu kenaikan harga tiket pesawat, Garuda Indonesia Group memastikan menurunkan tarif pesawat mereka untuk seluruh rute penerbangan sebesar 20 persen.

Kabar gembira itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dalam siaran pers, Kamis (14/2).

“Sejalan dengan komitmen dan upaya peningkatan akses konektivitas udara bagi masyarakat, Garuda Indonesia Group melalui lini layanan full service Garuda Indonesia dan Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia serta Sriwijaya Air-NAM Air Group mengumumkan penurunan harga tiket di seluruh rute penerbangan sebesar 20 persen mulai hari ini,” kata pria yang akrab disapa Ari ini.

1. Didasarkan aspirasi masyarakat dan arahan presiden

Garuda Indonesia Turunkan Tiket Pesawat 20 PersenANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya baru berlaku di beberapa rute penerbangan.

Penurunan tiket juga dinilai Ari sejalan dengan aspirasi masyarakat dan sejumlah asosiasi industri nasional serta arahan Presiden Joko Widodo mengenai penurunan tarif tiket penerbangan dalam mendukung upaya peningkatan sektor perekonomian nasional.

“Khususnya untuk menunjang pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, hingga industri nasional lainnya, mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian,” kata Ari.

Baca Juga: Siap-siap, Garuda Indonesia Bakal Berikan Diskon 70 Persen!

2. Agar masyarakat tetap dapat menikmati penerbangan

Garuda Indonesia Turunkan Tiket Pesawat 20 Persennzbusinesstraveller.co.nz

Garuda Indonesia Group memastikan komitmen penurunan harga tiket pesawat sejalan dengan dengan sinergi intensif yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara tetap terjaga.

“Garuda Indonesia Group berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas,” ujar Ari.

3. Tetap menjaga kualitas penerbangan meski harga tiket diturunkan

Garuda Indonesia Turunkan Tiket Pesawat 20 PersenIstimewa

Ari juga memastikan penurunan tiket itu sesuai komitmen positif Garuda Indonesia Group sebagai BUMN tersebut sejalan dengan sinergi positif seluruh sektor penunjang layanan penerbangan dalam memastikan tata kelola industri penerbangan yang tepat guna, baik dari aspek aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi udara serta business sustainability maskapai penerbangan di Indonesia.

“Sehingga Garuda Indonesia Group dapat mengakomodir aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan berkualitas yang dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat. Penurunan harga tiket tersebut kami pastikan akan menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam memberikan layanan penerbangan yang berkualitas dengan tarif tiket penerbangan yang kompetitif " tutup Ari.

4. Presiden dan Kemenhub minta maskapai turunkan harga tiket

Garuda Indonesia Turunkan Tiket Pesawat 20 PersenIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Diberitakan sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta maskapai langsung menurunkan tarif tiket pesawat ketika harga avtur turun. Kemenhub menyebut pihak Pertamina Aviation menyatakan ada sejumlah komponen yang berpotensi diturunkan.

"Kalau harga avtur turun otomatis komponen biaya tadi berpengaruh. Seharusnya mereka melakukan penyesuaian kembali," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti saat ditemui di sela-sela Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kemenhub Tahun 2020 di Jakarta, Rabu (13/2).

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, pada Senin (11/2), mengaku kaget saat mendengar keluhan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) soal harga tiket pesawat yang naik secara signifikan. Jokowi mengatakan akan segera memangil Dirut Pertamina untuk menindaklanjuti hal tersebut.

"Kalau ini terus-teruskan (dibiarkan mahal), ya nanti pengaruhnya ke harga tiket pesawat. Karena harga avtur itu menyangkut 40 persen dari cost yang ada di tiket pesawat," ucap Jokowi.

Baca Juga: Avtur Pertamina Mahal, Dirut BUMN Rini Bandingkan dengan Singapura

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya