Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Waspadai Beberapa Daerah Ini

Jauhi area pantai untuk saat ini ya

Jakarta, IDN Times - Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R. Prabowo mengatakan adanya potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia beberapa hari ke depan.

Kondisi itu terjadi karena dari ketiga bibit siklon yang ada di sekitar Indonesia, bibit siklon 95P yang berada di Teluk Carpentaria yang memiliki kecepatan angin maksimum 25 knots di pusatnya. Dan bibit siklon 97W yang berada di Laut China Selatan dengan kecepatan angin maksimum 20 knots di pusatnya

Keduanya berpotensi tinggi menjadi siklon tropis dalam 24-48 jam ke depan. Kondisi ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan.

“Tinggi gelombang laut di wilayah perairan Indonesia saat ini didominasi dengan ketinggian gelombang berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter,” kata Mulyono melalui keterangan tertulisnya seperti dilansir dari situs BMKG, Selasa (1/1).

Adapun potensi gelombang tinggi di Indonesia terjadi di beberapa titik

1. Gelombang tinggi berbahaya hingga 6 meter hingga 3 Januari

Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Waspadai Beberapa Daerah IniUnsplash/Maxwell Gifted

Adapun tinggi gelombang mulai dari 2,5 hingga 4 meter (berbahaya) terpantau di beberapa wilayah perairan Indonesia hingga 3 Januari sebagai berikut :

Laut Cina Selatan, Laut Natuna Utara, Perairan Kep. Anambas hingga Kep. Natuna, Perairan utara dan selatan Jawa, Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Jawa, Perairan selatan Bali hingga Sumbawa, Perairan Kep.Anambas hingga Kep.Natuna, Perairan Agats - Amamapere, Perairan barat Yos Sudarso, Perairan selatan Merauke, Perairan Kep. Sangihe hingga Kep.Talaud, Perairan utara Halmahera.

“Sementara untuk tinggi Gelombang 4.0 - 6.0 meter (Sangat Berbahaya) berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara, Laut Cina Selatan,” ucap Mulyono.

Baca Juga: Kisah Risman, Terapung di Atas Ombak Tsunami Setinggi 6 Meter

2. Gelombang tinggi hingga akhir pekan

Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Waspadai Beberapa Daerah IniUnplash/Peter Chamberlain

Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Indonesia juga diperkirakan terjadi dari tengah minggu hingga akhir pekan atau tepatnya tanggal 04 - 06 Januari 2019. Beberapa wilayah terdampak tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter (Berbahaya) antara lain di:

Perairan barat Lampung, Perairan selatan Jawa hingga Sumbawa, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, Perairan Kep.Sermata hingga Kep. Tanimbar, Perairan Kep.Kai hingga Kep.Aru, Laut Arafuru, Perairan barat Yos Sudarso, Perairan selatan Merauke, Perairan Kep. Sangihe hingga Kep.Talaud, Perairan utara Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Papua.

3. Masyarakat harus waspada, khususnya yang tinggal di pantai

Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Waspadai Beberapa Daerah IniUnsplash/Jenn Evelyn-Ann

Mulyono mengimbau, masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan liburan akhir tahun di wilayah pesisir pantai, khususnya di pesisir selatan Pulau Jawa, diharapkan tetap waspada terkait potensi angin kencang dan diharapkan untuk tidak berlayar menuju laut lepas.

“Selain itu kapal-kapal terutama perahu nelayan dan kapal - kapal ukuran kecil agar tidak memaksakan diri melaut serta tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas pelayaran di wilayah dengan gelombang tinggi,” katanya menjelaskan.

4. Tetap pantau informasi cuaca

Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Waspadai Beberapa Daerah IniUnplash/Jenn Evelyn-Ann

Informasi terkini terkait cuaca dapat diakses melalui situs BMKG www.bmkg.go.id atau melalui akun Instagram atau Twitter BMKG @infobmkg. Masyarakat juga bisa menggunakan aplikasi iOS dan android "Info BMKG". Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Baca Juga: Ombaknya Bisa Mematikan, 4 Pemicu Utama Munculnya Tsunami

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya