Jabodetabek Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang

Wilayah Jakarta rata-rata mengalami hujan ringan

Jakarta, IDN Times – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) pada 1 Januari 2019 ini akan diguyur hujan sedang hingga lebat dan disertai angin kencang.

“Peringatan dini cuaca Jabodetabek tanggal 1 Januari 2019 pukul 07.30 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat dan angin kencang,” tulis BMKG pada situsnya, Senin (1/1).

Baca Juga: (FOTO) Pesta Tahun Baru 2019 di Ancol Tetap Ramai Walau Diguyur Hujan

1. Wilayah Jabodetabek yang terdampak hujan

Jabodetabek Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencangunsplash.com/Florinel Golgan

BMKG mencatat, sejumlah wilayah yang diprediksi hujan sedang hingga lebat dan disertai angin kencang, yakni Benda, Cipondoh, Batuceper, Tangerang, Pinang, Karang Tengah,Cengkareng, Kalideres, Kembangan, Kebon Jeruk, Grogol Petamburan, Taman Sari, Penjaringan, Tambora, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, dan Cakung.

Juga di Kelapa Gading, Tarumajaya, Babelan, Medan Satria, Pulo Gadung,Cempaka Putih, Kemayoran, Palmerah, Gambir, Sawah Besar, Johar Baru, Senen, Menteng, Tanah Abang, Matraman, Jatiuwung, Periuk, Karawaci, Cibodas, dan Muaragembong.

Daerah lainnya yakni Kosambi, Teluknaga, Pakuhaji, SepatanTimur, Sukadiri, Mauk, Rajeg, Sepatan, Pasarkemis, Sindangjaya, Kemiri, Kronjo, Mekarbaru, GunungKaler, Kresek, Sukamulya, Cikupa, Curug, Jayanti, Balaraja, Cisoka, Solear, dan Tigaraksa.

Kemudian Panongan, Jambe, Legok, Pagedangan, SerpongUtara, Cisauk, Serpong, Pondokaren, Ciputat, Pamulang, Setu Tangerang, dan Ciputat Timur.

Diperkirakan hujan dapat meluas ke wilayah Larangan, Ciledug, Kebayoran Lama, Pesanggrahan, Kebayoran Baru, Setia Budi, Mampang Prapatan, Pancoran, Tebet, Jatinegara, Duren Sawit, Makasar, Kramatjati, Pasar Minggu, Cilandak, Jagakarsa, Pasar Rebo, Cipayung, dan Ciracas.

Sementara di Bekasi meliputi Pondok Gede, Bekasi Barat, Bekasi Utara, Cinere, Limo, Bojongsari, Sawangan, Pancoranmas, Beji, Cimanggis, Sukmajaya, Cipayung Depok, Cilodong, Tapos, Jatisampurna, Pondok Melati, Jatiasih, Bekasi Selatan, dan sekitarnya.

2. Hujan disertai angin kencang diperkirakan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB

Jabodetabek Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Angin KencangANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Kondisi hujan sedang hingga lebat dan disertai angin kencang diperkirakan akan terjadi hingga pukul 11.00 WIB.

Sementara itu Bencana Daerah Provinsi (BPBD) DKI Jakarta mencatat, wilayah Jakarta rata-rata mengalami hujan ringan.

Jakarta Pusat diperkirakan hujan ringan hingga malam hari dengan suhu 25 – 32 derajat celcius dan kelembaban 80-95 persen.

Jakarta Utara hujan ringan hingga malam hari dengan 25 – 32 derajat celcius dan kelembaban 80 - 95 persen.

3. Berawan tebal hingga hujan ringan diperkirakan terjadi di lokasi ini

Jabodetabek Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Angin KencangANTARA FOTO/Yusran Uccang

Jakarta Barat diperkirakan akan mengalami hujan ringan pada siang hari dan cerah berawan pada malam hari. Suhu berkisar 24 – 31 derajat celcius dan kelembaban 80 - 90 persen.

Jakarta Selatan dan Timur pada siang hari cuaca berawan tebal dan malam hari cerah berawan. Suhu 24 – 32 derajat celcius dan kelembaban 80 - 90 persen.

Sementara untuk Kepulauan Seribu mengalami hujan ringan hingga malam hari dengan suhu 26 – 31 derajat celcius dan kelembaban 80 - 90 persen.

Baca Juga: Meski Diguyur Hujan, Warga Jakarta Tetap Padati Monas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya