Jakarta Banjir Ekstrem, Anies Minta 2 Proyek Bendungan PUPR Dikebut

Anies bilang proyek Kementerian PUPR itu kuncinya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan pemerintah pusat perlu mengebut pengerjaan Bendungan Ciawi dan Sukamahi untuk pengendalian banjir Jakarta. Bendungan Ciawi dan Sukamahi  merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kalau dua bendungan itu selesai, maka volume air yang masuk ke pesisir bisa dikendalikan," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/1).

Anies mengatakan, meski sudah dilakukan normalisasi seperti di Kampung Melayu, namun kawasan tersebut masih mengalami banjir ekstrem.

"Artinya kuncinya itu ada pada pengendalian air sebelum masuk pada kawasan pesisir," sebut Anies.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menyebut usaha pemerintah melebarkan sungai selebar apapun akan percuma karena hanya akan membuat air mengalir begitu saja.

"Karena makin banyak kawasan yang digunakan untuk perumahan. Sehingga air pun mengalir ke sungai. Jadi, kita berharap ada langkah cepat penuntasan pengendalian air sebelum masuk kawasan pesisir," ujarnya.

Baca perkembangan terkini seputar banjir dan artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jakarta Direndam Banjir, Anies Baswedan: Kami Siap Bertanggung Jawab

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya