Nasihat untuk Erick Thohir: Jangan Terlalu Lama di Dunia Politik

Erick Thohir selama ini dikenal sebagai pengusaha sukses

Jakarta, IDN Times – Masuknya pebisnis Erick Thohir ke dunia politik melalui jabatan Ketua Tim Kampanye Nasional (KTN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menimbulkan tanya. Salah satunya, bagaimana dampaknya ke dunia bisnis? 

“Kita gak pernah dengar Pak Erick Thohir masuk ke kancah politik, tapi dia saya kira jadi perbincangan waktu lalu, saya kira ini barang kepepet yang tidak bisa dihindari,” kata Wakil Ketua Umum APRINDO Tutum Rahanta di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9).

Lalu apakah bergabungnya Erick Thohir memiliki dampak terhadap dunia usaha?

1. Kalau cuma jadi Ketua Timses tidak berpengaruh, kecuali jadi menteri

Nasihat untuk Erick Thohir: Jangan Terlalu Lama di Dunia PolitikANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Tutum menjelaskan posisi Erick sebagai Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf Amin tidak akan berpengaruh dalam dunia usaha. Namun ia menggarisbawahi, ketika nanti Jokowi menang dan menunjuk Erick sebagai salah satu menteri, jelas akan berdampak pada dunia usaha.

“Ini kan cuma untuk tim kampanye, bukan duduk di dalam kementerian, bukan sebagai Menteri. Ini kan hanya untuk mengkoordinasikan untuk kesuksesan kampanye Pak Jokowi, tidak kaitan langsung dengan bisnis. Kalau udah duduk di pemerintahan baru akan membawa efek. Kenapa? Karena beliau ini kan sangat paham sekali dengan kejadian-kejadian apapun, bisnis maksudnya,” jelas Tutum.

Baca Juga: Kata Pengusaha Soal Erick Thohir Jadi Ketua Timses Jokowi

2. Para pengusaha mendukung Erick?

Nasihat untuk Erick Thohir: Jangan Terlalu Lama di Dunia PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketika diatanya bagaiman sikap para pebisnis dengan bergabungnya Erick ke dunia politik, Tutum menyebut tidak ada penolakan atau keberatan dengan pilihan Ketua INASGOC itu.

“Saya kira gak ada masalah kalau bagi para pelaku usaha secara umum. Karena emang itu secara efeknya pada pribadi beliau. Secara efeknya kepada pengusaha secara umum gak masalah,” katanya.

3. Saran untuk Erick dari pebisnis

Nasihat untuk Erick Thohir: Jangan Terlalu Lama di Dunia PolitikIDN Times

Tutum juga berpesan kepada Erick agar tidak terlalu lama di dunia politik dan tetap fokus pada perannya sebagai pebisnis.

“Tetap konsisten sebagai pelaku usaha yang memang dia rolenya karena beliau sangat menjaga bisnis, jangan terkontaminasi terlalu jauh dengan politik, itu aja,” pesan Tutum.

Baca Juga: Erick Thohir Jadi Ketua TKN, Begini Nasib TGB

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Dwi Agustiar
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya