Pemprov DKI Jakarta Gelar Sayembara Pembangunan TOD Dukuh Atas

Apa sih hadiahnya?

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan menyelenggarakan sayembara dan forum diskusi, untuk merancang pembangunan transit oriented development (TOD) atau kawasan berorientasi transit.

“Ini fase awal, sayembarnya segera dilakukan untuk rancang bangunannya, tapi kawasan TOD nya, kita akan buka prosesnya lebih panjang,” kata Anies di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (29/3).

1. Sayembara diwujudkan dalam gagasan desain bangunan

Pemprov DKI Jakarta Gelar Sayembara Pembangunan TOD Dukuh Ataskemdikbud.go.id

Dukuh Atas merupakan TOD pertama yang dibangun dari 8 TOD yang ada, untuk rute 1 jalur MRT. Menurut Anies, sayembara ini diwujudkan dalam gagasan desain bangunan.

“Partisipasi publik nya tuh dalam bentuk gagasan. Akan dilakukan berbagai macam FGD (Focus Group Discussion), akan mengundang pihak-pihak yang terkait. Intinya adalah apabila warga punya gagasan soal TOD, ide-idenya, silakan kirimkan. Kita dengan senang hati mengakomodasi, mendiskusikan,” kata dia.

Baca juga: Perusahaan Ini Tawarkan Pembangunan LRT 200 Km untuk Pemprov DKI

2. Ide gagasan dikirimkan ke MRT

Pemprov DKI Jakarta Gelar Sayembara Pembangunan TOD Dukuh AtasIDN Times/Helmi Shemi

Ide dari masyarakat itu, kata Anies, nantinya bisa dikirimkan ke PT MRT di lantai 21 Wisma Nusantara, Jalan MH Thamrin Kavling 59 Jakarta.

“Bagi umum yang punya gagasan tentang pengembangan kawasan ini, kirimkan. Kemana kirimnya? Alamatnya ke MRT, dan MRT yang diberikan mandat untuk mengelola partisipasi masyarakat,” sebut Anies.

3. Apa sih hadiahnya?

Pemprov DKI Jakarta Gelar Sayembara Pembangunan TOD Dukuh AtasANTARA FOTO/Khairun Nisa

Dirut MRT William Sabandar mengatakan, bagi mereka yang menang dalam sayembara ini nantinya akan mendesain kawasan TOD ini.

“Mereka yang menjadi pemenang ini itu mendesain bangunan ini, desain itu," kata ucap William, pada kesempatan sama. 

"Kalau Anda bicara tentang karya, ini akan menjadi karya monumental, karya yang akan dikenal puluhan tahun. Jadi karya-karya itu akan karya-karya monumental,” timpal Anies.

Baca juga: Proyek MRT dan LRT Sebabkan Banjir di Jakarta?

Topik:

Berita Terkini Lainnya