Pesawat JT 610 Jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Ini Sikap Lion Air

Pesawat mengangkut 189 penumpang

Jakarta, IDN Times - Pesawat Lion Air JT 610 jatuh di Perairan Tanjung Karawang pada Senin pagi (29/10). Sebanyak 189 penumpang, termasuk kru pesawat, saat ini masih dalam proses evakuasi.

Pesawat nahas tersebut lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 06.20 WIB. Tiga belas menit kemudian, pesawat hilang kontak. Basarnas kemudian melaporkan pesawat itu jatuh. Sampai saat ini proses evakuasi korban dan puing pesawat masih berlangsung.

Lalu bagaimana sikap Maskapai Lion Air atas insiden mengerikan ini?

1. Posko utama korban di Bandara Halim Perdanakusuma

Pesawat JT 610 Jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Ini Sikap Lion AirIDN Times/Margith Juita Damanik

Sesuai dengan kesepakatan dan arahan Kementerian Perhubungan, CEO Lion Air Edward Sirait mengatakan saat ini terdapat posko di Bandara Halim Perdanakusuma. Di posko itu korban selamat maupun jenazah korban dikumpulkan. 

"Mengenai barang-barang ataupun mengenai korban penumpang ataupun jenazah maupun yang hidup semua akan dikumpulkan di sana," kata Edward dalam konferensi pers di Lion Air Operation Center, Tangerang, Senin (29/10).

Baca Juga: FOTO: Begini Proses Evakuasi Korban dan Serpihan Lion Air JT 610 

2. Korban akan dibawa ke rumah sakit Cikarang dan Polri

Pesawat JT 610 Jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Ini Sikap Lion AirIDN Times/Margith Juita Damanik

Edward juga memastikan korban selamat akan dibawa ke Rumah Sakit Cikarang ataupun Rumah Sakit Polri. Sementara untuk korban meninggal akan tetap dikumpulkan di posko di Bandara Halim Perdanakusuma. 

"Kalau memang ada yang perlu emergency saya pikir semua RS yang terdekat untuk menangani, penumpang yang masih hidup kita usahakan secepat mungkin. Tapi kalau misalnya sudah menjadi jenazah, mohon maaf kita kumpulkan semua di Halim, termasuk puing-puing pesawat kalau ada ditemukan," jelasnya. 

3. Lion Air siapkan Posko dan penginapan untuk keluarga korban

Pesawat JT 610 Jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Ini Sikap Lion AirIDN Times/Margith Juita Damanik

Pihak Lion juga mengatakan mereka menyiapkan penginapan bagi keluarga korban di Bandara Halim Perdanakusuma. "Ada penginapan untuk keluarga. Silahkan mendaftar. Di sini juga kita bentuk tim untuk menerima info dari keluarga," kata Edward. 

Meski posko berada Halim, Lion Air juga memastikan Posko di Lion Air Operation Center dan di Cengakreng tetap dibuka. "Kita utamanya di Halim. Tapi nanti kita pulling semua di Halim. Tapi tetap posko di sini dan Cengkareng akan kita buka. Keluarga diarahkan ke Halim," ujar Edward.

Untuk memudahkan keluarga korban, pihak Lion juga menyiapkan transportasi bagi keluarga korban yang akan pergi ke bandara Halim Perdanakusuma.

"Kami siapkan, dari sini kami provide bus, dan dari Cengkareng juga untuk ke Halim," pungkas Edward.

Baca Juga: Mengenal Kopaska, Pasukan Khusus yang Ikut Mencari Lion Air JT 610

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya