PNS Pakai Mobil Dinas, Sandiaga: Tanya Hati Nurani, Pantas Gak Pakai Ini?

KPK sudah meminta agar mobil dinas tidak dipakai mudik

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tidak menjawab secara tegas mengenai apakah Pegawai Negeri Sipil (PNS) boleh atau tidak menggunakan mobil dinas untuk dibawa mudik saat lebaran. 

Meski tidak menjawab, namun Sandiaga mengatakan ia ingin mengetuk hati para PNS dalam menggunakan fasilitas negara yang sejatinya digunakan untuk kepentingan dan operasional negara. 

"Saya ingin mengetuk hati para PNS, ASN, mari kita tingkatkan kepedulian kita bahwa ini aset negara," kata Sandiaga di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (3/5).

1. Sandiaga minta tidak gunakan fasilitas negara 

PNS Pakai Mobil Dinas, Sandiaga: Tanya Hati Nurani, Pantas Gak Pakai Ini?  IDN Times/Helmi Shemi
Politikus Gerindra ini mengimbau agar aset dan fasilitas negara, termasuk mobil dinas, dipergunakan untuk melayani masyarakat, bukan untuk keperluan pribadi. Ia juga meminta agar fasilitas dan aset negara dapat dijaga sebaik mungkin. 

"Mari kita gunakan sebaik-baiknya untuk tugas dan fungsi yang melekat untuk masyarakat. Kita bekerja di pemerintahan, dapat fasilitas, yuk kita jaga fasilitasnya sama-sama," imbaunya. 

Baca juga: KPK Tak Setuju Kendaraan Dinas untuk Mudik Lebaran, Ini Alasannya

2. Jika nanti diperbolehkan, Sandiaga minta PNS tanya hati nurani 

PNS Pakai Mobil Dinas, Sandiaga: Tanya Hati Nurani, Pantas Gak Pakai Ini?  IDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga lalu mengatakan, jika nanti pemerintah pusat mengizinkan penggunaan mobil dinas untuk keperluan pribadi dan digunakan untuk mudik lebaran, ia meminta agar PNS menanyakan ke hati nurani mereka masing-masing. 

"Kalau keputusannya memang diperbolehkan (pemerintah pusat), kita tanya ke hati nurani. Pantas gak sih kita pakai kendaraan ini?" ucapnya. 

Untuk diketahui wacana penggunaan kendaraan dinas untuk mudik lebaran oleh ASN disampaikan Menteri PAN-RB Asman Abnur. Ia menyebut penggunaan kendaraan milik negara untuk mudik dimungkinkan, selama tak ada biaya kantor atau uang negara.

3. Pemimpin harus beri contoh 

PNS Pakai Mobil Dinas, Sandiaga: Tanya Hati Nurani, Pantas Gak Pakai Ini?  IDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga menceritakan dirinya ketika akan berkampanye bagi para calon kepala daerah yang akan berlaga di pilkada serentak di berbagai daerah.

"Saya aja waktu mau kampanye stres berat nih. Ini mau pake kelengkapan apa? PNS gak boleh ada yang mendampingi saya selama kampanye kalau hari minggu. Mobil balik pakai mobil Sulaiman (anak Sandiaga). Jadi itu karena saya gak sampai hati pakai mobil DKI. Itu yang saya sampaikan ke para ASN, ayo kita tunjukan. To lead is to give example. Tunjukkan contoh tauladan yang baik," katanya. 

Di pihak lain, KPK mengingatkan kepala daerah untuk mengimbau seluruh jajarannya untuk tidak menggunakan fasilitas dinas untuk keperluan dinas menjelang lebaran.

Baca juga: Menpan RB: THR Lebaran Ini Naik, Mobil Dinas Boleh Dibawa Mudik 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya