Comscore Tracker

Sri Mulyani: Perjalanan Hidup Habibie adalah Inspirasi Kita Semua

"Kita betul-betul kehilangan figur nasional."

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani merasa kehilangan sosok almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie atau yang dikenal sebagai BJ Habibie.

"Kita betul-betul kehilangan seorang figur nasional yang begitu luar biasa jasanya bagi Republik Indonesia," kata menteri yang akrab disapa Srimul itu di Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Bagi dirinya, Habibie banyak membawa perubahan pasca-Orde Baru. "Beliaulah yang meletakkan banyak sekali pada masa-masa yang sangat singkat namun sangat mnentukan arah republik ini dengan berbagai legislasi yang menjadi fondasi kita dalam bernegara sampai hari ini," katanya.

Apa yang paling berkesan baginya dari Habibie adalah pencapaian yang luar biasa sebagai seorang ilmuwan yang sepanjang hidupnya mengabdi untuk Indonesia.

"Jadi seluruh perjalanan hidup pak Habibie adalah inspirasi bagi banyak kita semua. Contoh dan sekaligus teladan dan juga menjadi alasan bagi kita untuk optimis bahwa Indonesia dengan banyak sekali anak bangsa seperti beliau pasti akan bisa maju ke depan," paparnya.

BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Jenazah rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Timur pada Kamis (12/9).

Upacara pemakaman yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo. Habibie akan dimakamkan bersisian dengan makam istrinya, almarhumah Ainun Habibie.

Baca Juga: BJ Habibie Wafat, Patra Kuningan Banjir Karangan Bunga Duka Cita

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You