Ban Pesawat Cargo Jayawijaya Dirgantara Bocor saat Landing di Wamena

Tidak ada korban jiwa

Wamena, IDN Times – Pesawat Cargo Jayawijaya Dirgantara mengalami bocor ban saat mendarat di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Selasa (22/8/2023).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi membenarkan kabar insiden tersebut.

Benny mengatakan, peristiwa kebocoran ban tersebut terjadi pada siang hari sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

1. Pesawat awalnya take off dari Bandara Sentani

Ban Pesawat Cargo Jayawijaya Dirgantara Bocor saat Landing di WamenaKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo. (IDN Times/Istimewa)

Benny mengungkapkan, pesawat Boeing seri 1200 Jayawijaya Air dengan nomor registrasi PK-JRA itu awalnya take off dari Bandara Sentani Jayapura menuju Bandara Wamena. 

Pesawat Cargo tersebut dipiloti oleh Captain Andika dan Copilot Burckhard WS.

“Saat tiba di Bandara Wamena, pesawat mengalami kebocoran pada ban depan pesawat mengakibatkan pesawat berhenti di tengah run way,” ujarnya via WhatsApp, Selasa (22/8/2023) malam.

Baca Juga: Usai Super Hercules, TNI AU Bakal Diperkuat 2 Pesawat Airbus A400M 

2. Evakuasi pilot dan bongkar muat barang

Ban Pesawat Cargo Jayawijaya Dirgantara Bocor saat Landing di WamenaPesawat Cargo Jayawijaya Dirgantara didorong ke tempat parkiran pesawat di Bandara Wamena. (IDN Times/Istimewa)

Benny mengatakan, pesawat Kargo Jayawijaya dievakuasi pada pukul 14.30 WIT. 

"Tim gabungan TNI-Polri, UPBU Wamena dan Damkar turun ke runway dan mengevakuasi Captain dan FO Pesawat Cargo tersebut," kata Benny. 

Pada saat itu juga, petugas langsung melakukan bongkar muat barang yang berada di dalam pesawat ke landasan. Selanjutnya pesawat didorong ke tempat parkiran pesawat. 

3. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini

Ban Pesawat Cargo Jayawijaya Dirgantara Bocor saat Landing di WamenaPesawat Cargo Jayawijaya Dirgantara mengalami bocor ban saat mendarat di Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Selasa (22/8/2023). (IDN Times/Istimewa)

Benny juga memastikan bahwa dalam kejadian kebocoran ban ini tidak terdapat korban jiwa. 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan saat ini pesawat tersebut telah ditarik dari runway menuju parkiran pesawat di Bandara Wamena,” ujarnya.

Baca Juga: Komnas Belum Bisa Tentukan Kerusuhan di Wamena Masuk Pelanggaran HAM

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya